7 Menu Kopi Paling Populer di Kafe, Jangan Salah Pesan!

Odilia WS - detikFood Kamis, 20 Agu 2020 06:00 WIB
7 Menu Kopi Paling Populer di Kafe Foto: iStock

5. Espresso

Penyuka kopi hitam tentu akrab dengan kopi ini. Air kopi kental dihasilkan dengan mesin. Kopi bubuk disiram air panas dengan suhu tinggi dan tekanan tinggi dalam waktu singkat. hasil ekstraksi ini berupa air kopi yang ditutupi dengan crema permukaannya.

Ada jenis Long espresso atau lungo yang membuat air kopi dengan jumlah kopi dan ekstraksi dua kali lipat dari biasanya. Tentu saja air kopi lebih banyak dan kental atau pekat.

Espresso dipakai sebagai dasar campuran minuman kopi lainnya. Biasanya disajikan dalam gelas mungil dan dinikmati tanpa tambahan gula. Saat memesan sebutkan mau yang single shot atau double shot. Satu shot sekitar 30 ml air kopi.

espresso7 Menu Kopi Paling Populer di Kafe Foto: iStock

6. Cafe Mocha

Dikenal juga dengan sebutan mochaccino, termasuk menu kopi yang jadi favorit banyak orang. Terutama yang tak terlalu suka rasa kopi yang berat atau pekat.

Dibuat dari paduan espresso dan susu dan diberi rasa cokelat dan disajikan dengan taburan cokelat bubuk. Namanya berasal dari nama kota Mocha di Yaman. Varian mochaccino yang disukai Milet Cyrus dikenal dengan nama white mocha yang dibuat memakai cokelat putih.

7. Americano

Merupakan minuman kopi yang terkenal di Italia dan orang Italia menyebut racikan kopi ini sebagai kopi Amerika atau cafe America. Minuman kopi ini terbuat dari espresso yang dilarutkan dengan air tetapi rasanya lebih kuat dari kopi tubruk.

Pekat tidaknya Americano tergantung pada perbandingan antara jumlah shot espresso dengan air. Biasanya 28 ml hingga 455 ml air panas ditambahkan ke double shot espresso. Di Australia minuman ini dikenal dengan nama long black.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com