Korea Utara Dilanda Kelaparan, Bantuan Makanan Kim Jong Un Dianggap Simbol SOS

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 19 Agu 2020 12:04 WIB
Kim Jong Un Foto: Reuters

2. Kim Jong Un beri makanan miliknya pada korban banjir
Awal Agustus 2020, Kim Jong Un mengunjungi desa-desa yang hancur akibat banjir. Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) menyebut Kim Jong Un memberikan beras dari cadangan makanan pribadi miliknya untuk PARA korban banjir.

"Sangat penting untuk segera memberi korban tempat tidur, kebutuhan sehari-hari, obat-obatan dan kebutuhan lain untuk menstabilkan kehidupan mereka sedini mungkin," kata Kim Jong Un seperti dikutip KNCA.

Korban banjir juga diberitakan mengucapkan rasa terima kasih yang sangat mendalam untuk sosok pemimpin mereka. Namun hal ini dilihat lain oleh Thae Yong-ho, mantan diplomat senior Korut yang membelot ke Korsel. Ia memberikan pandangan lebih dekat soal kepemimpinan Kim Jong Un.

3. Pemberian makanan dari Kim Jong Un merupakan simbol darurat

Korea Utara Dilanda Kelaparan, Bantuan Makanan Kim Jong Un Dianggap Simbol SOSKorea Utara Dilanda Kelaparan, Bantuan Makanan Kim Jong Un Dianggap Simbol SOS Foto: Lee Jin-man/AP

Thae mengatakan cadangan makanan milik Kim Jong Un sebenarnya hanya bisa digunakan ketika terjadi perang. "Saya pikir... ini berarti situasi pangan Korut saat ini benar-benar sulit; dan yang kedua, karena pandemi virus Corona, Korut semakin sulit," kata Thae.

Ia mengatakan, "Saya pikir Kim Jong Un ingin mengirim semacam sinyal SOS ke China, yang merupakan satu-satunya negara yang bisa mengirim bantuan darurat ke Korut." Thae juga bilang kalau Korut bergantung pada bantuan China, mereka mungkin harus meredam provokasinya pada Amerika Serikat.

"Pada paruh kedua tahun ini, jika Kim Jong Un sangat membutuhkan bantuan dari China, dia tidak bisa [melakukan] provokasi militer besar-besaran terhadap Amerika," kata Thae.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Keren! Ada Latte Bergambar Kim Jong Un di Korea Selatan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com