5 Makanan Khas Ini Selalu Hadir Saat Tahun Baru Islam

Devi Setya - detikFood Rabu, 19 Agu 2020 09:00 WIB
makanan tahun baru islam Foto: instagram @etty.nuzula
Jakarta -

Momen Tahun Baru Islam yang jatuh pada 20 Agustus 2020 siap disambut meriah. Biasanya akan ada ragam kuliner khas yang disajikan khusus saat pergantian tahun kalender Islam.

Tahun Baru Hijriah atau Tahun Baru Islam 1 Muharam jatuh tepat tanggal 21 Agustus 2020. Momen ini dianggap penting bagi umat muslim karena jadi momen pergantian tahun dalam kalender Islam. Tak heran kalau momen ini selalu disambut dengan meriah terutama di berbagai daerah di Indonesia.

Masyarakat di beberapa daerah menyambut pergantian Tahun Baru Islam ini dengan suasana suka cita. Berbagai makanan khas pun ikut dihadirkan sebagai simbol ungkapan rasa syukur.

Baca juga : 5 Tradisi Kuliner Unik Ini Digelar Tepat Saat 1 Muharam

Beberapa makanan bahkan memiliki filosofi mendalam. Dilansir dari berbagai sumber, berikut makanan khas yang kerap hadir saat momen Tahun Baru Islam.

1. Bubur Suro

makanan tahun baru islammakanan tahun baru islam Foto : instagram @etty.nuzula



Masyarakat di beberapa daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan beberapa daerah di Sumatera kerap menghadirkan bubur suro sebagai hidangan saat momen Tahun Baru Islam. Bubur ini juga kerap jadi makanan yang hadir saat kirab budaya.

Dalam tradisi masyarakat Jawa, bubur suran atau bubur suro dihadirkan ketika malam pergantian Tahun Baru Islam. Bubur ini terbuat dari campuran beras yang dimasak dengan santan, jahe dan sereh. Rasanya gurih dan biasa disajikan dengan taburan jeruk bali, buah delima, aneka kacang dan irisan mentimun serta daun kemangi.

Berbagai jenis kacang yang dijadikan taburan yakni kacang tanah, kacang mede, kacang hijau, kedelai, kacang tholo dan kacang merah. Bubur suro bukan sekedar makanan, hidangan ini juga sarat makna karena dianggap sebagai simbol keselamatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Lezatnya Nasi Omelet Telur Topping Wagyu"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com