Canggih! Rice Cooker Ini Bisa Kurangi Kadar Karbohidrat Pada Nasi

Devi Setya - detikFood Selasa, 18 Agu 2020 13:30 WIB
rice cooker menurunkan kadar karbohidrat Foto: soranews
Jakarta -

Rice cooker saat ini sudah berkembang jadi alat masak canggih. Bukan hanya memudahkan proses masak nasi, alat penanak nasi ini bahkan bisa mengurangi kandungan karbohidrat yang membuat nasi diklaim lebih sehat.

Dilansir dari SoraNews (18/8) ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh sebuah mesin canggih bernama rice cooker. Dahulu rice cooker hanya bisa diandalkan untuk memasak nasi saja tapi kini bahkan bisa memasak sayuran, sup hingga olahan daging.

Tak hanya itu, di Jepang kini ada rice cooker super canggih yang kabarnya bisa mengurangi kandungan karbohidrat pada nasi. Rice cooker ini dikenal dengan sebutan Healthy Support Rice Cooker.

Sesuai dengan namanya, rice cooker ini kabarnya bisa membuat olahan nasi jauh lebih sehat. Cara kerja rice cooker ini tak berbeda jauh dengan rice cooker biasa namun ada fitur pada rice cooker yang bisa mengurangi kandungan gula alami pada nasi.

rice cooker menurunkan kadar karbohidratrice cooker menurunkan kadar karbohidrat Foto: soranews

Baca juga : Review Rice Cooker Rp 130 Ribu VS Rp 1,3 Juta, Rasa Nasinya Bikin Kaget

Mengurangi kandungan gula pada nasi berarti mengurangi kadar karbohidrat hingga 20 persen hanya dengan menekan tombol pada rice cooker. Fitur canggih ini membuat banyak orang penasaran sekaligus tertarik dengan produk rice cooker teranyar di Jepang. Banyak yang ingin menikmati nasi namun dengan jumlah karbo yang tidak terlalu banyak.

Mengurangi karbohidrat pada nasi dianggap ampuh untuk membantu menjaga kesehatan sekaligus membantu para pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan.

Rice cooker canggih ini diproduksi oleh Iris Ohyama, fitur pengurangan karbohidrat ini tersedia dalam dua pilihan yakni mengurangi 10 persen dan 20 persen kandungan karbohidrat untuk nasi yang rendah gula.

"Mode potong 10 persen" bisa jadi alternatif mereka yang ingin memotong kadar gula sambil mempertahankan rasa. Sementara "Mode potong 20 persen" untuk mereka yang ingin memotong kadar gula dengan tegas.

Menariknya, mode 10 persen ini mampu menurunkan kadar gula karbohidrat sekitar 18,5 persen, sementara mode 20 persen bisa menurunkan gula karbohidrat hingga 25 persen dari total nasi yang dimasak.

rice cooker menurunkan kadar karbohidratrice cooker menurunkan kadar karbohidrat Foto: soranews

Dengan mengandalkan rice cooker ini, para penggemar nasi bisa tetap menikmati nasi dengan porsi makan normal namun kandungan karbohidratnya lebih rendah. Menurut Iris Ohyama, makan semangkuk nasi yang dimasak dalam mode potong 20 persen sebanyak tiga kali sehari selama 365 hari mengurangi total sekitar 273 sendok makan gula dibandingkan dengan nasi biasa.

Baca juga :Canggih! Penanak Nasi Ini Bisa Masak 4 Masakan Sekaligus

Rice cooker ini bukan hanya bisa menanak nasi dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah. Tapi juga bisa memasak aneka makanan lain seperti nasi merah, olahan kacang dan aneka masakan lain. Rice cooker juga bisa diandalkan untuk membuat bubur, pancake, kue hingga okonomiyaki.

Rice cooker mulai dipasarkan tanggal 7 Agustus 2020 dengan banderol harga 16.800 yen (Rp 2,3 juta). Tertarik membeli?



Simak Video "Kangen Sama Kampung, Melipir ke Tengkleng Wedhus Lali Omah Saja!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com