Review Rice Cooker Rp 130 Ribu VS Rp 1,3 Juta, Rasa Nasinya Bikin Kaget

Devi Setya - detikFood Selasa, 09 Jun 2020 16:00 WIB
review rice cooker mahal dan murah Foto: youtube GadgetIn
Jakarta -

Youtuber spesialis gadget bikin review unik soal rice cooker. Ia membandingkan rice cooker anak kost harga Rp 130.000 dengan rice cooker canggih seharga Rp 1,3 juta. Seperti apa hasilnya?

Lewat channel youtube GadgetIn, David terkenal biasa mereview aneka gadget canggih seperti smartphone atau laptop. Tapi kali ini ia memilih untuk mereview rice cooker. Video yang dibuat 14 Juni 2019 lalu ini masih menyita perhatian netizen hingga saat ini.

Agak unik memang tapi yang disorot David bukanlah rice cooker biasa, melainkan rice cooker canggih keluaran Xiaomi. Untuk melihat hasilnya, David membandingkan dengan rice cooker biasa yang umum dipakai di rumah dan juga jadi andalan anak kost.

review rice cooker mahal dan murahreview rice cooker mahal dan murah Foto: youtube GadgetIn


Baca juga : Canggih! Penanak Nasi Ini Bisa Masak 4 Masakan Sekaligus


Untuk rice cooker canggih, David menggunakan produk MI Induction Heating Rice Cooker yang harganya dibanderol Rp 1.299.000. Sementara untuk rice cooker biasa, David mengandalkan Miyako seri PSG-607 yang ia beli seharga Rp 130.000.

Dalam video berdurasi 19 menit ini, David lebih dulu melakukan unboxing rice cooker dari Xiaomi. Ia juga menjelaskan setiap bagian dari rice cooker canggih ini, termasuk bagaimana cara mengoperasikannya.

Beberapa fitur dijelaskan dengan singkat, David mengatakan kalau rice cooker canggih ini bisa terkoneksi via wifi dengan smartphone.

"Kalo orang kelaparan mungkin emosi ya. Mau masak nasi pakai connect wifi," ujar David sambil berusaha menghubungkan koneksi antara rice cooker dan smartphone yang digunakan.

review rice cooker mahal dan murahreview rice cooker mahal dan murah Foto: youtube GadgetIn


Tak hanya itu, ternyata rice cooker belum bisa langsung bekerja. David masih harus mengupdate software yang digunakan pada rice cooker ini. "Rice cooker pake update software, apanya yang diupdate, aduh," kata David.

Setelah semua berjalan sesuai fungsinya, David langsung memasukkan beras dan air sesuai takaran. Dengan rice cooker canggih ini dibutuhkan waktu memasak sekitar 1 jam. Oiya David juga menjelaskan kalau ada pengaturan tipe nasi yang bisa dipilih sesuai selera.

"Ini ada pengaturan nasi lembut, keras atau lembek. Ada pengaturan nasi mau dimasak jam berapa jadi tinggal connect via hp. kalau sudah matang ada notif juga di hp," beber David.

Sambil menunggu nasi matang, David beralih ke rice cooker biasa. Rice cooker merek Miyako ini tak banyak mendapat ulasan, karena hampir semua orang tahu fungsi utama dari rice cooker ini adalah memasak nasi. Kelebihan lainnya, rice cooker ini juga bisa diandalkan untuk memasak mie instan.

Setelah nasi dalam dua rice cooker ini matang, David langsung mengadakan 'blind test' untuk menilai nasi mana yang paling enak. Dengan mata tertutup, David mencicip dua piring nasi tanpa tahu asal nasi tersebut.

review rice cooker mahal dan murahreview rice cooker mahal dan murah Foto: youtube GadgetIn


Baca juga : Begini Trik Bikin Nasi Pulen Pakai Rice Cooker


Hasilnya mengejutkan, David ternyata lebih suka rasa nasi yang dimasak dengan rice cooker biasa. Sambil tertawa terbahak pria ini mengatakan nasi yang dimasak pakai rice cooker biasa ini punya rasa asin dan manis.

"Nasi pertama, lumayan, agak benyek mungkin airnya kebanyakan dan agak lengket. Nasi kedua, lengket tapi kering. Enakan yang pertama, ada rasa asin manisnya gitu kalau nasi kedua hambar," kata David dengan mata tertutup.

Setelah matanya dibuka, David tertawa saat tahu nasi yang menurutnya enak adalah yang dimasak dengan rice cooker biasa. "Emang lidah anak kost, haha" pungkas David.

Di akhir video David menjelaskan kalau rice cooker canggih keluaran Xiaomi ini bukan hanya bisa memasak nasi saja. Rice cooker ini bisa diandalkan untuk memasak bubur, tom yam, kue dan masakan lainnya. Kalau kamu, kira-kira pilih rice cooker canggih atau rice cooker biasa?



Simak Video "Masak Masak: Resep Coto Makassar Iga Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com