Keren! Seniman India Bikin Lukisan Mahatma Gandhi Terbesar Pakai Kopi

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 18 Agu 2020 06:00 WIB
Lukisan Mahatma Gandhi dari Kopi Foto: indianexpress
Jakarta -

Bikin lukisan Mahatma Gandhi terbesar pakai kopi, seniman di India ini berhasil pecahkan rekor dunia. Yuk, intip lukisannya!

Lukisan biasanya dibuat menggunakan cat air, cat minyak, atau bahan lainnya. Namun saat ini banyak juga seniman yang menggunakan makanan sebagai media warna pada lukisan mereka.

Tak terkecuali seniman asal Chenmai, India satu ini. Adalah Sivaraman Rajalingam seniman yang berhasil melukis menggunakan kopi. Dilansir dari Indian Express (15/8), Sivaraman berhasil melukis dengan ukuran paling besar dan meraih rekor dunia dari Guiness World of Records.

Lukisan Mahatma Gandhi dari KopiLukisan Mahatma Gandhi dari Kopi Foto: indianexpress

Baca Juga: 5 Lukisan Makanan Termahal di Dunia Ini Harganya Bikin Melongo!

Bukan lukisan biasa, Sivaraman membuat lukisan seorang tokoh spiritual dan politikus India yaitu Mahatma Gandhi. Mahatma Gandhi adalah orang yang terlibat dalam Gerakan Kemerdekaan India dan menjadi tokoh kebanggaan India dan dunia.

Sivaraman membuat lukisan tersebut dengan ukuran 2.020 kaki persegi (187,66 m2) sesuai dengan tahun saat ini. Lukisannya bukanlah satu sosok raksasa, melainkan gabungan dari 74 wajah Mahatma Gandhi.

Lukisan Mahatma Gandhi dari KopiLukisan Mahatma Gandhi dari Kopi Foto: indianexpress

Sivaraman yang juga seorang guru ini mengandalkan lapangan sekolahnya untuk membuat lukisan tersebut. Ia menggelar kanvas besar di atas lapangan sekolah tempatnya bekerja.

Untuk membuat lukisan Mahatma Gandhi tersebut ia menghabiskan waktu selama 22 jam 30 menit. Dimulai pada pukul 6 pagi tanggal 14 Agustus dan selesai pada 15 Agustus.

Ia menggunakan kopi bubuk yang telah kadaluwarsa. Terdiri dari air kopi dan bubuk kopi. Kopi yang digunakannya itu dibedakan menjadi 3 warna agar warna dari lukisannya terlihat hidup. Tujuannya menggunakan kopi yang kadaluwarsa agar dapat dimanfaatkan kembali, jadi tidak terbuang sia-sia.


Air dan bubuk kopi tersebut ia lukiskan di atas kanvas menggunakan kuas. Lukisannya sangat indah dan mirip sekali dengan potret Mahatma Gandhi. Mulai dari ekspresi dan lekukan wajahnya.

Lukisan Mahatma Gandhi dari KopiLukisan Mahatma Gandhi dari Kopi Foto: indianexpress

Sivaraman mengatakan kalau idenya membuat lukisan Mahatma Gandhi ini untuk merayakan kemerdekaan India. HUT India yang ke 73 tahun ini jatuh pada tanggal 15 Agustus 2020. Selain itu, Sivaraman juga ingin menyadarkan para siswa di sekolah tersebut betapa pentingnya beliau untuk kemerdekaan India.

"Tentu saja ketika bicara mengenai gerakan kemerdekaan India, nama pertama yang terlintas adalah Gandhi. Namun, di tengah lockdown dan sekolah ditutup, saya sempat berpikir apa gunanya melukis tanpa target penonton (siswa). Tapi manajemen sekolah mengumpulkan kekuatannya agar memungkinkan semua orang untuk melihatnya." ungkap Sivaraman.

Nama Sivaraman sebenarnya bukan lagi sosok seniman baru yang berhasil meraih rekor dunia. Sebelumnya, Sivaraman yang merupakan lulusan dari College of Fine Arts di Chenmai pada tahun 2009 ini juga pernah tercatat dalam rekor dunia di Limca Book of World Records. Saat itu Sivaraman membuat lukisan La Pieta Jesus selama 72 hari.

Ada nama lain yang sebelumnya pernah meraih rekor dunia dengan lukisan serupa menggunakan kopi. Adalah Alex Dzaghigian dari Yunani yang pernah meraih rekor lukisan kopi berukuran 1,704 kaki persegi (158,37 m2).

Baca Juga: Keren! Mahasiswi Ini Pecahkan Rekor Buat Lukisan Pakai Bubuk Kunyit



Simak Video "Bikin Laper: All You Can It Sabu-sabu Kuah Tomyam di Serpong"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)