Bikin Laper! Sedapnya Gulai Kepala Ikan Kakap dan Burung Punai Goreng

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 17 Agu 2020 10:45 WIB
RM Medan Baru - Bikin Laper Trans TV Foto: dok. Bikin Laper Trans TV
Jakarta -

Petualangan kuliner Dimas Beck dan Ncess Nabati kali ini menikmati sedapnya gulai kepala ikan kakap hingga burung punai goreng yang gurih. Yuk, intip!

Episode Bikin Laper Trans TV terbaru mengajak Dimas Beck dan Ncess Nabati untuk melanjutkan petualangan kuliner mereka di RM Medan Baru. Lokasinya ada di Jalan Krekot Bunder Raya No. 65, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

RM Medan Baru - Bikin Laper Trans TVRM Medan Baru - Bikin Laper Trans TV Foto: dok. Bikin Laper Trans TV

Kalau dari namanya, pasti kamu akan berpikir rumah makan satu ini menawarkan hidangan khas Medan. Tapi ternyata menu yang disajikan beragam, ada makanan khas Padang dan daerah Sumatera lainnya.

Baca Juga: Bikin Laper! Santap Bebek Peking hingga Ayam Belacan yang Aromanya Sedap

Gulai kepala ikan kakap berukuran jumbo yang paling populer di sini. Ada juga burung punai goreng berbumbu kuning yang tak kalah sedap. Duo Bikin Laper ini juga tak lupa menikmati gulai kambing dan sup buntut yang berkuah kental.

Duo Bikin Laper ini tentunya memilih gulai kepala ikan kakap untuk dinikmati pertama kali. Kelapa ikan kakap yang digunakan sangat besar, proses memasaknya sekitar 1 jam membuat semua bumbunya meresap hingga ke dalam.

RM Medan Baru - Bikin Laper Trans TVRM Medan Baru - Bikin Laper Trans TV Foto: dok. Bikin Laper Trans TV

Disajikan dengan kuah gulai yang gurih kental. Kuah kentalnya berasal dari racikan santan yang cukup banyak.

Ketika kepala ikan kakap itu dibelah, terlihat bumbu meresap hingga kebagian dalamnya. Daging ikannya juga terlihap melimpah. Menurut Dimas Beck, bagian lemak yang ada di dalam kepala ikan kakap itulah yang terenak.

RM Medan Baru - Bikin Laper Trans TVRM Medan Baru - Bikin Laper Trans TV Foto: dok. Bikin Laper Trans TV

Duo Bikin Laper ini menikmati gulai kepala ikan kakap dengan tambahan air jeruk nipis agar makin segar. Lalu mereka pun menikmatinya dengan nasi putih, acar timun, dan sambal hijau.

"Kepala kakap ini guys benar-benar ancaman yang hakiki! Daginya lembut, huah bumbu santannya itu lho! Rempahnya juga gurih abis." ungkap Dimas Beck.

Selanjutnya Dimas Beck dan Ncess Nabati menikmati burung punai goreng. Walaupun burungnya berukuran kecil, tapi dagingnya cukup banyak. Burung punai goreng ini teksturnya juga empuk jadi makin nikmat ketika disantap.

RM Medan Baru - Bikin Laper Trans TVRM Medan Baru - Bikin Laper Trans TV Foto: dok. Bikin Laper Trans TV

Burung punai di sini dimasak dengan bumbu kuning, lalu digoreng tapi tidak sampai kering. Rasanya gurih dan beraroma.

Seporsi burung punai goreng ini disajikan dengan sambal merah yang pedas nikmat. Keduanya pun menikmati burung punai goreng ini dengan nasi putih hangat dan sambal yang telah disediakan.

Ada juga kari kambing yang cukup populer di RM Medan Baru. Menurut mereka kari kambingnya sangat empuk dan tidak ada bau prengusnya.

Terakhir mereka menikmati sop buntut. Sangat berbeda sop buntut di sini dengan tempat lain karena kuahnya kental dan menggunakan santan. Bumbu yang digunakan juga berlimpah dan gurih.

RM Medan Baru - Bikin Laper Trans TVRM Medan Baru - Bikin Laper Trans TV Foto: dok. Bikin Laper Trans TV

Seporsi sop buntut disajikan dengan kentang dan wortel rebus. Ada juga taburan bawang merah goreng dan cincangan seledri.

Keduanya baru saja mencicipi kuahnya, tapi langsung menyukai sop buntut tersebut. Berkali-kali mereka mengatakan kalau sop buntut ini enak banget!

Ncess Nabati bahkan sempat menanyakan soal rasa masakan di sana yang enak semua. "Tapi ini aku pengalaman pertama lho mas Dimas. Makan sop buntut yang kuahnya kental banget!" ungkap Ncess Nabati.

Kalau ingin merasakan nikmatnya makanan khas Sumatera, bisa cicip langsung di RM Medan Baru, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Jangan lupa juga tonton terus Bikin Laper di Trans TV, tayang setiap hari pukul 17.00 WIB ya!

Baca Juga: Bikin Laper! Gurame Asam Manis dan Ayam Cabe Ijo yang Enak Mampus



Simak Video "Bikin Laper: Roti Tisu Super Renyah"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com