5 Kuliner Janda Nikmat, Ada Sop hingga Bakmi yang Viral

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 16 Agu 2020 14:00 WIB
bakmi janda di surabaya Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom
Jakarta -

Di Indonesia sebutan janda juga dijadikan nama makanan. Hal ini sukses mencuri perhatian seperti sop janda hingga bakmi janda yang tersohor.

Mendengar kata 'janda', tentu saja orang langsung terbayang sosok wanita yang sudah tidak bersuami. Entah karena bercerai, suaminya meninggal, atau pergi tak ada kabar.

Tak bisa dipungkiri, banyak orang masih memberi stigma negatif pada janda. Namun sebutan tersebut malah jadi hoki untuk beberapa pebisnis kuliner. Pasalnya menu mereka jadi viral dan dikenal luas.

Apa saja sih menu bernama janda yang ada di Indonesia? detikFood merangkum 5 kuliner janda yang terkenal seperti berikut:

1. Sop janda

Kuliner bernama jandaKuliner bernama janda Foto: Instagram Dwi Herlambang

Sop janda jadi kuliner yang kini dijual di banyak tempat. Kebanyakan mengusung nama Janda sebagai kependekan dari Jawa Sunda. Tapi kalau mau cari yang pelopor dan memang dijual seorang janda, mampirlah ke Sop Janda Ibu Darmi.

Warungnya ada di kawasan MM2100 Cibitung, tepatnya di Jalan Bali 1 No.31, Gandamekar, Rawa Julang, Cikarang Barat, Bekasi. Penjualnya akrab disapa Mbok Darmi. Ia sudah berjualan sop janda sejak 1997.

Sop janda sebenarnya merupakan sop iga. Tapi lebih istimewa karena juga ditambah tulang sapi. Kuahnya terasa pedas menyegarkan karena berisi banyak cabai rawit. Banyak orang menyukai sop janda karena dagingnya memang empuk dan kuahnya nikmat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Puas Makan Deep Fried Platter dan Black Burger"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com