5 Jingle Penjual Makanan yang Masih Diingat Sampai Sekarang

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 14 Agu 2020 19:30 WIB
Jingle Lagu Penjual Makanan di Indonesia Foto: Klikmania
Jakarta -

Sudah ada sejak dulu, beberapa jingle penjual makanan di Indonesia masih melekat di ingatan banyak orang hingga sekarang. Mulai dari jingle es krim sampai roti.

Banyak yang belum tahu bahwa jingle atau lagu pendek, merupakan salah satu bentuk iklan untuk menarik konsumen agar membeli barang tersebut. Jingle ini biasanya dibuat dengan nada yang ceria, lirik yang singkat, tapi punya efek melekat di benak setiap orang.

Contohnya ada jingle dari Sari Roti yang lirik lagunya hanya 'Sari Roti' saja. Kemudian jingle tahu bulat yang semuanya bernada sama. Tak ketinggalan jingle Susu Murni Nasional sampai jingle penjual es krim keliling yang familiar hingga sekarang.

Berikut lima jingle penjual makanan yang paling diingat hingga sekarang.

Baca Juga: 5 Lagu tentang Makanan Indonesia Ini Ciptaan Musisi Luar Negeri


1. Jingle Susu Murni Nasional

Jingle Lagu Penjual Makanan di IndonesiaJingle Lagu Penjual Makanan di Indonesia Foto: Indomie/Klikmania/YouTube Street Food Village

Susu Segar Nasional merupakan produk susu dalam negeri yang didirikan oleh CV Cita Nasional. Susu ini pertama kali diproduksi pada tahun 2000 di Semarang. Biasanya susu ini dijual menggunakan gerobak sepeda secara keliling.

Tapi ciri khas dari susu ini justru terletak pada jinglenya yang ikonik dan diingat semua orang. Menggunakan toa kecil, penjual susu segar biasanya akan memutarkan jingle dengan lirik lagu 'Susu Murni Nasional~' lengkap dengan alunan musik sederhana.

Jika jingle ini sudah berputar, anak-anak akan berkumpul untuk memilih varian susu yang mereka inginkan. Rasanya beragam mulai dari cokelat, strawberry, hingga moka. Untuk kisaran harganya kini sekitar Rp 3,500 per gelasnya.

2. Jingle Sari Roti

Jingle Lagu Penjual Makanan di IndonesiaJingle Lagu Penjual Makanan di Indonesia Foto: detikCom

Sari Roti bisa dibilang sebagai salah satu produsen roti paling besar dan digemari banyak orang di Indonesia. Perusahaan roti ini pertama kali berdiri di tahun 1995 di bawah PT. Nippon Indosari Corpindo.

Berawal dari roti tawar saja, kini variasi dari Sari Roti semakin banyak. Seperti roti sobek, chiffon cake sampai roti sandwich. Meski Sari Roti memasarkan produk mereka di supermarket dan toko besar lainnya, tapi mereka tetap menggunakan metode keliling.

Dari sini lah jingle Sari Roti terkenal hingga sekarang. Setiap penjual Sari Roti biasanya berkeliling di area perumahan menggunakan gerobak sepeda atau motor. Di sana mereka akan memutarkan jingle Sari Roti yang liriknya hanya 'Sari Roti, roti sari roti~' saja. Karena jingle ini banyak orang yang tetap jadi pelanggan setia Sari Roti selama puluhan tahun.


3. Jingle Tahu Bulat

Jingle Lagu Penjual Makanan di IndonesiaJingle Lagu Penjual Makanan di Indonesia Foto: Klikmania

Tahu bulat eksis menjadi jajanan kaki lima yang digemari semua orang. Biasanya tahu bulat dijajakan di mobil bak terbuka, di mana pembeli bisa melihat langsung proses penggorengan tahu bulat.

Tapi terkenalnya tahu bulat tak lepas dari peran jingle yang unik dan punya ciri khas. Setiap penjual tahu bulat pasti memutarkan jingle yang liriknya kurang lebih berbunyi, "Tahu bulat. Tahu bulat. Digoreng dadakan. Satu lima ratusan. anget-anget gurih gurih enyoy,"

Tapi banyak juga penjual tahu bulat yang merevisi jinglenya sesuai selera mereka masing-masing. Seperti di Ciamis, lirik tahu bulat ditambahkan kata 'halo'. Kemudian di Sukabumi lirik tahu bulat diakhiri dengan kata 'wakwaw'.


4. Es Krim Keliling

Jingle Lagu Penjual Makanan di IndonesiaJingle Lagu Penjual Makanan di Indonesia Foto: detikvisual

Banyak perusahaan es krim yang menargetkan produk mereka untuk anak-anak. Agar lebih mudah menjangkaunya, beberapa perusahaan es krim besar di Indonesia mulai mengerahkan penjual keliling untuk memasarkan produk mereka.

Uniknya setiap perusahaan es krim memiliki jingle masing-masing yang tentunya melekat di kepala banyak orang hingga sekarang. Kebanyakan dari jingle es krim ini tidak menggunakan lirik melainkan hanya alunan musik saja.

Seperti jingle es krim Campina contohnya, yang memiliki alunan musik ceria. Dengan lirik berbunyi, "Add a special moment right now. Add something nice, at a special moment to everyday,"

Hebatnya banyak anak-anak yang bisa menembak merek es krim dari mendengar jinglenya saja.


5. Jingle Indomie

Jingle Lagu Penjual Makanan di IndonesiaJingle Lagu Penjual Makanan di Indonesia Foto: Indomie/Klikmania/YouTube Street Food Village

Indomie bisa dibilang memiliki jingle di mana hampir semua orang afal dengan liriknya. Salah satu mie instan yang paling populer di dunia ini pertama kali diproduksi pada tahun 1988.

Kemudian Indomie berkembang pesat menjadi produk makanan instan yang digemari di Indonesia. Untuk memasarkan produknya, Indomie kemudian mengeluarkan jingle atau lagu berisi keanekaragaman Indonesia dan Indomie yang menyatukannya.

"Dari Sabang sampai Merauke. Dari Miangas sampai Pulau Rote. Indonesia tanah airku, Indomie seleraku. Indomie dari dan bagi Indonesia," lirik lagu ini lah yang tak pernah berubah dan sudah melekat sebagai citra Indomie dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Terinspirasi Dari Makanan, Lima Lagu Terkenal Ini Laris di Pasaran



Simak Video "Indomie Dijadikan Topping Pizza, Bagaimana Jadinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com