Wanita Ini Bikin Buku Menu Kreatif Untuk Solusi 'Mau Makan Apa?'

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 14 Agu 2020 13:30 WIB
Buku menu kreatif Foto: Sora News 24
Jakarta -

Pertanyaan "Mau makan apa hari ini?" kerap muncul di antara pasangan, keluarga, hingga teman. Untuk mengatasinya, seorang wanita di Jepang bikin buku menu kreatif.

Sejatinya kegiatan makan adalah hal yang tidak ribet, tapi karena dilakukan setiap hari secara berkala, makan pun bisa bikin bingung akibat memilih menunya. Sampai-sampai muncul pertanyaan "Enaknya makan apa ya hari ini?" hampir setiap hari.

Pertanyaan ini jadi masalah untuk banyak pasangan, keluarga, dan kalangan pertemanan. Ada yang bingung karena tak tahu sama sekali mau makan apa atau karena terlalu banyak menu yang diinginkan dalam sekali waktu.

Buku menu kreatifBuku menu kreatif Foto: Sora News 24

Di Jepang, seorang istri sekaligus seniman di balik akun Twitter Nono Inaba datang dengan solusi unik. Hal ini berawal ketika suaminya selalu jawab "Saya tidak tahu" saat dirinya bertanya mau makan apa.

Akhirnya Inaba membuat buku menu kreatif berjudul "Grand Menu". Tampilannya tak kalah dengan buku menu di restoran karena diberi ilustrasi gambar makanan yang menarik.

Baca Juga: Jadi Model Playboy, Chef Seksi Ini Bikin Menu Pembangkit Libido

Halaman awal berisi daftar makanan Jepang yang bisa dipilih sang suami. Ada karaage, niku jaga, olahan ikan yellowtail dengan lobak daikon, kinpira gobo, hingga tofu gaya Koya.

Di samping daftar makanan juga disertakan ilustrasi agar suami Inaba mudah membayangkan tampilan makanan itu. Lalu halaman selanjutnya masih berupa daftar makanan panjang.

Buku menu kreatifBuku menu kreatif Foto: Sora News 24

Bedanya memuat menu-menu khas China, makanan fusion, hingga rice bowl gaya Jepang (donburi). Pilihan menunya ada gyoza, paella khas Spanyol, bibimbap Korea, hingga kaisendon yang merupakan mangkuk berisi ragam sashimi.

Bahkan Inaba juga memasukkan menu yoshoku dalam daftar menunya. Berupa makanan Jepang yang terinspirasi hidangan Barat seperti hamburger steak dan curry rice.

Total ada lebih dari 100 pilihan makanan menarik selera yang bisa dipilih Inaba. Tentu saja tujuannya agar ia tak lagi jawab "Saya tidak tahu" ke depannya.

Buku menu kreatif yang dibuat Inaba sukses menarik perhatian netizen. Banyak yang memberi komentar positif atas hal ini. "Saya tak pernah terpikirkan dengan solusi seperti ini," kata seorang netizen.

Lalu ada juga yang memuji Inaba. "Luar biasa mengetahui kamu bisa masak beragam hidangan berbeda," sahut seorang netizen. Lainnya menimpali, "Ilustrasi buatanmu membuat semuanya terlihat lezat."

Buku menu kreatifBuku menu kreatif Foto: Sora News 24

Uniknya, Inaba mengaku dirinya dulu tidak jago masak. Ia bahkan dijatuhkan oleh gurunya sendiri yang mengatakan, "Sebaiknya kamu tidak usah pernah coba memasak." Namun ia tak patah semangat, Inaba coba mempelajari berbagai masakan.

Ia sering baca buku resep dan menonton video-video masak sambil mencatat resepnya sendiri. Hasilnya ia kini bisa memasak berbagai hidangan.

Soal buku menu kreatifnya, Inaba ternyata memberi tahu hal-hal penting untuk suaminya di halaman depan. Berikut empat poin yang ia tulis:

1. Chef berhak mengubah dan mengganti resep.
2. Chef mungkin tidak dapat mengakomodasi semua pesanan dengan tepat.
3. Pengunjung diminta untuk membantu menyiapkan dan mengatur meja.
4. Hidangan di masa mendatang akan menjadi lebih lezat jika masakan chef dipuji.

Baca Juga: Keren! Chef Ini Promosikan Sambal dan Makanan Indonesia di London



Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Pedas Tulang Muda Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)