Viral Menu Sushi Polos, Hanya Gumpalan Nasi Seharga Rp 24 Ribu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 14 Agu 2020 13:00 WIB
Menu sushi polos Foto: Mothership
Jakarta -

Menyebut sushi biasanya langsung terbayang nigiri sushi atau sushi roll dengan ragam topping, tapi sushi ini beda karena hanya berupa nasi polos!

Berasal dari Jepang, sushi kini mendunia hingga jadi menu favorit di berbagai negara. Kreasi sushi ada banyak jenisnya. Mulai dari nigiri yang diberi topping seafood tipis, sushi roll dengan tambahan rumput laut kering (nori), hingga gunkan yang dililit nori sehingga bentuknya mirip mangkuk.

Tapi kreasi sushi di restoran ini tak seperti sushi pada umumnya. Bentuknya hanya berupa gumpalan nasi putih polos. Tak ada topping atau pelengkap lain. Menu sushi unik inipun langsung viral di media sosial.

Menu sushi polosMenu sushi polos Foto: Mothership

Dikutip dari Mothership (13/8), foto sushi polos pertama kali diunggah netizen di Singapura, Ruth Leong. Ia memamerkannya di grup Facebook 'Subtle Asian Traits'. Leong menginformasikan, 5 buah sushi polos harganya SGD 2.30 atau sekitar Rp 24.000.

"Ini lebih mahal dari semangkuk nasi. Tapi saya rasa ketika kamu hanya menginginkan nasi sushi... ini untukmu," tulis Leong. Foto sushi polos ini lalu diunggah kembali oleh akun Facebook Zen The Geek. Dari sinilah foto ini viral hingga sudah dibagikan lebih dari 20 ribu kali.

Baca Juga: 5 Sushi Unik, Diberi Topping Ulat Sagu hingga Sushi Salmon 2,5 Kg!

Menu sushi polosMenu sushi polos Foto: Mothership

Dari keterangan Leon yang sudah diedit, diketahui sushi polos ini merupakan menu restoran Sushi Tei, Singapura. Namun menu 'plain sushi' ini tak bisa ditemukan saat pesan online.

Pihak Sushi Tei menjelaskan menu sushi polos hadir karena memang ada permintaan dari pelanggan. Mereka menyebut banyak yang meminta sushi berupa nasinya saja. "Kami punya banyak pelanggan yang makan di tempat atau dibawa pulang, meminta nasi sushi," tambah pihak Sushi Tei.

Meski dianggap aneh oleh banyak netizen, faktanya sushi polos juga dinikmati di Jepang. Nama menunya 'shari dama' yang tersedia di beberapa restoran sushi di sana.

Menu sushi polosMenu sushi polos Foto: Mothership

Beberapa yang menjual adalah Hamasushi, Kappa Sushi, dan Sushiro. Satu set sushi polos berisi 24 bola nasi dijual 350 yen atau sekitar Rp 48.700.

Lantas mengapa sushi polos digemari meski hanya berupa nasi saja? Ternyata tak lain karena rasanya yang enak. Seperti diketahui, nasi sushi diberi bumbu seperti cuka masak, gula pasir, dan garam. Hasilnya perpaduan nasi pulen dengan rasa manis gurih yang nikmat.

Sushi polos juga jadi alternatif untuk mereka yang mau makan sushi dengan topping pilihan sendiri. Pasalnya mereka bisa meracik sushi polos sesuai selera.

Baca Juga: Nyam! Begini Cara Bikin Sushi di Rumah, Rasanya Tak Kalah dengan Restoran



Simak Video "Inovasi Warga +62: Sushi Soto Ayam hingga Sushi Boba!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)