5 Fakta Menarik Cakwe si 'Hantu Goreng' yang Gurih Renyah

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 13 Agu 2020 18:00 WIB
Fakta Menarik Seputar Cakwe Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Cakwe salah satu jajanan kaki lima populer di Indonesia. Jajanan dari China ini punya sejarah yang panjang dan pernah dijuluki sebagai 'hantu goreng'.

Punya rasa yang gurih renyah, cakwe bisa dimakan dengan susu kedelai, dicelup kopi panas hingga menjadi topping bubur ayam panas. Tapi dibalik popularitas cakwe, banyak yang belum tahu bahwa jajanan ini sebenarnya punya sejarah panjang.

Menurut catatan sejarah, cakwe merupakan bentuk protes warga China atas kematian seorang jendral pada abad ke-12 dan berhubungan dengan Dinasti Song. Bahkan muncul sebutan bahwa cakwe melambangkan hantu yang tengah digoreng. Ini karena bentuknya yang pipih memanjang.

Dikutip dari berbagai sumber berikut lima fakta menarik seputar jajanan cakwe.

Baca Juga: Kres! Empuknya Cakwe Legendaris di Gang Sempit Pasar Baru


1. Awal Mula Terciptanya Cakwe

Sliced Cakwe Indonesian Traditional Food for breakfastSliced Cakwe Indonesian Traditional Food for breakfast Foto: iStock

Di China, cakwe dikenal dengan nama youtiao. Ada banyak desas-desus tentang sejarah cakwe tercipta. Namun menurut catatan sejarah, cakwe sebenarnya mulai populer pada masa Dinasti Song di abad 12.

Cakwe ini merupakan bentuk protes warga atas kematian jenderal Yue Fei yang memiliki sisi nasionalisme tinggi. Yue Fei dibunuh setelah difitnah oleh perdana menteri bernama Qin Hui. Banyak warga yang geram ketika mendengar kabar ini.

Kemudian beberapa penjual makanan mulai menciptakan makanan seperti batang kecil yang dibuat dari tepung beras. Cakwe ini digambarkan seperti dua orang yang saling memunggungi, sebagai bentuk kebencian warga terhadap Qin Hui dan istrinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]