Ceri Kampung Alias Kersen, Buah Manis yang Punya Banyak Manfaat

Devi Setya - detikFood Rabu, 12 Agu 2020 10:30 WIB
muntingia calabura fruit drop on the ground Foto: Getty Images/iStockphoto/lamart1971

4. Sumber vitamin C

muntingia calabura fruit drop on the groundmuntingia calabura fruit drop on the ground Foto: Getty Images/iStockphoto/lamart1971

Kandungan vitamin C pada buah kersen yang tergolong banyak juga menjadikan buah ini diandalkan sebagai sumber vitamin C. Vitamin C ini banyak terkandung dalam berbagai buah, fungsinya adalah menjaga daya tahan tubuh serta membantu menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C yang tercukupi akan membantu membuat kulit jadi terjaga dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Vitamin C yang tercukupi juga membantu menyamarkan tanda penuaan dini seperti keriput dan garis halus.

Buah kersen mengandung gula alami yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Gula buah kersen seperti fruktosa, glukosa dan sukrosa aman dikonsumsi sebagai alternatif gula alami.

Baca juga : 5 Keseruan Orang Indonesia Saat Panen Buah Liar di Luar Negeri

5. Cara konsumsi buah kersen

muntingia calabura fruit drop on the groundmuntingia calabura fruit drop on the ground Foto: Getty Images/iStockphoto/lamart1971


Buah kersen bisa dimakan langsung ataupun dijadikan produk olahan. Buah kersen yang manis biasa diolah jadi selai buah namun produk ini masih dibuat dalam skala kecil.

Untuk membuat selai buah kersen, caranya adalah dengan membersihkan buah kersen lalu haluskan buah ini dengan blender. Masak sari buah kersen dengan gula pasir hingga mengental. Selai buah kersen siap dikemas dan dinikmati sebagai olesan roti tawar.

Buah kersen harus segera dikonsumsi atau diolah saat sudah matang karena tak bisa disimpan lama. Jika disimpan terlalu lama akan langsung membusuk dan tidak bisa dikonsumsi. Kersen, si buah ceri kampung ini sekarang sudah mudah ditemui di supermarket dengan banderol harga yang terbilang agak tinggi. Beberapa waktu lalu buah kersen sempat menjadi perbincangan karena harganya yang tinggi yani mencapai Rp 400 ribu per kilogram.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Resep Sandwich Sapi Teriyaki"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com