Kangen Rasa Buah Jadul Menteng dan Alkesa? Cari Saja di Ragunan

Devi Setya - detikFood Sabtu, 30 Des 2017 06:07 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Buah jadul khas Indonesia bisa dikatakan sudah sulit ditemui, apalagi di kota besar. Tapi di Ragunan ada beberapa buah yang bisa mengobati rindu. Apa saja itu?

Ragunan selalu jadi tempat rekreasi murah meriah andalan keluarga di Jakarta. Selain melihat berbagai satwa, di kawasan ini juga bisa jadi tempat berburu buah-buahan jadul yang sudah langka.

Saat detikfood menyambangi kawasan ini, kami menemukan buah menteng dan buah alkesa. Dua buah klasik dengan rasa eksotis yang sudah susah ditemui.
Kangen Rasa Buah Jadul Menteng dan Alkesa? Cari Saja di RagunanFoto: Detikfood
Buah menteng punya bentuk bulat dan mirip duku namun rasanya asam dan lebih berair. Seikat buah menteng dibanderol dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 30.000. Rasa asam kecut buah ini siap membuat mata kembali melek.

Baca juga : Menteng, Si Bulat Mungil Kembaran Duku yang Asam Segar

Menurut penjualnya, buah ini mencapai puncak musimnya pada periode Desember hingga Januari jadi persediaan buah ini cukup banyak. "Pohonnya banyak di Bogor jadi ini saya dapatnya di Bogor. Sekarang sampai Januari lagi musim jadi lagi banyak," kata pria yang akrab disapa Pak Apuy ini.

Selama musim liburan, dalam sehari Pak Apuy mengaku bisa menjual sekarung buah menteng. Wow!

Beralih ke buah lainnya, kami menemukan alkesa atau kesa atau di beberapa daerah juga dikenal dengan sebutan sawo mentega. Buah ini berwarna kuning cerah berbentuk seperti alpukat ukuran mini.
Kangen Rasa Buah Jadul Menteng dan Alkesa? Cari Saja di RagunanFoto: Detikfood
Menurut pedagangnya, Pak Yanto, buah ini punya tekstur dan rasa seperti ubi cilembu. "Rasanya sedikit manis, kaya ubi cilembu," jelas Pak Yanto.

Pria ramah ini juga mengatakan buah alkesa merupakan buah asli Jakarta yang sekarang sudah mulai langka. Dahulu bisa dengan mudah ditemui di kawasan Jagakarsa namun sekarang pohonnya semakin langka.

Baca juga : Anak 90-an Pasti Ingat 10 Es Krim Jadul yang Kian Langka Ini!

Meskipun terbilang buah jadul, tapi peminatnya tidak pernah sepi. Di musim liburan seperti ini Pak Yanto bisa menjual hingga 20 kilogram buah alkesa. Harga perkilonya Rp 25.000 hingga Rp 30.000 yang dibedakan sesuai ukurannya.

Oiya, selain menteng dan alkesa, biasanya di kawasan ini juga ada buah buni, gandaria hingga jamblang. Tapi yang tidak pernah absen adalah bangkuang, jambu kristal dan talas.

Selain nostalgia dan mengobati rasa rindu pada buah jadul, Anda bisa juga menjadikan buah-buahan ini sebagai oleh-oleh usai rekreasi di Ragunan.

(dvs/odi)