Ceri Kampung Alias Kersen, Buah Manis yang Punya Banyak Manfaat

Devi Setya - detikFood Rabu, 12 Agu 2020 10:30 WIB
muntingia calabura fruit drop on the ground Foto: Getty Images/iStockphoto/lamart1971
Jakarta -

Pohon ceri kampung atau kersen banyak ditemui di banyak tempat. Buahnya yang bulat mungil punya rasa manis sekaligus segudang manfaat.

Kersen yang punya nama latin Muntingia calabura ini juga populer dengan sebutan buah seri, ceri, talok atau kerukup siam. Anak-anak kerap menyebutnya ceri kampung. Pohon kersen banyak tumbuh di banyak negara mulai di Filipina, Vietnam, Thailand, Belanda hingga Indonesia.

Pohon kersen termasuk pohon perdu yang banyak diandalkan sebagai pohon teduh. Tinggi pohon ini mencapai 12 meter dengan dahan yang tumbuh mendatar dan menggantung. Bagian buahnya tak kalah unik, bentuknya bulat mungil dan berkulit merah saat sudah matang.

Baca juga : Kangen Rasa Buah Jadul Menteng dan Alkesa? Cari Saja di Ragunan

Kersen sempat menjadi trending topic twitter. Kalau kamu doyan kersen, kenali juga manfaatnya untuk kesehatan.

1. Rasa buah kersen

muntingia calabura fruit drop on the groundmuntingia calabura fruit drop on the ground Foto: Getty Images/iStockphoto/lamart1971


Buah kersen yang masih mentah akan berwarna hijau pekat, semakin tua buah akan semakin besar dengan warna kulit yang oranye hingga merah terang. Kersen memiliki lapisan kulit tipis.

Bagian dalam buah memiliki tekstur basah dengan ribuan biji kecil di dalamnya. Biji ini memiliki tekstur halus berwarna putih kekuningan. Rasa sari buah kersen sangat manis dan biasanya orang menyantap buah ini langsung alias tak diolah jadi aneka makanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Tongseng Wagyu dan Sumsum Tulang"
[Gambas:Video 20detik]