Pakai Wadah Tanah Liat, Masakan Jadi Lebih Enak dan Awet Nutrisinya

Devi Setya - detikFood Selasa, 11 Agu 2020 19:30 WIB
gudeg jackfruit food traditional served in clay pot from central java indonesia Foto: Getty Images/iStockphoto/teguhjatipras
Jakarta -

Panci dan wadah tanah liat kini sudah jarang digunakan padahal membuat makanan lebih enak. Orang memilih menggunakan panci alumunium atau stainless steel karena lebih praktis dan awet.

Wadah tanah liat eksis sekitar 30 hingga 50 tahun lalu. Penggunaan wadah tanah liat ini dijadikan alat untuk memasak aneka makanan. Saat itu, kompor yang digunakan juga adalah tungku dengan kayu bakar, bukan kompor gas modern seperti sekarang.

Kini peranti tanah liat untuk memasak masih digunakan di desa-desa. Sementara di kota besar, wadah tanah liat hanya jadi wadah saji yang klasik. Meskipun terkesan kuno dan jadul, sebenarnya masak menggunakan wadah tanah liat terbilang lebih sehat dan membuat masakan lebih enak.

Baca juga : Ampo, Makanan khas Cirebon yang Terbuat dari Tanah Liat

Dilansir dari berbagai sumber, wadah masak tanah liat membuat masakan lebih enak dan sehat.

1. Bisa digunakan untuk segala teknik masak

gudeg jackfruit food traditional served in clay pot from central java indonesiagudeg jackfruit food traditional served in clay pot from central java indonesia Foto: Getty Images/iStockphoto/teguhjatipras

Wadah tanah liat sebenarnya bisa diandalkan untuk segala teknik masak mulai dari merebus, menggoreng hingga membakar. Apalagi wadah tanah liat ini hadir dalam berbagai ukuran dan bentuk, kamu tinggal menyesuaikan bentuk wadah dengan teknik masak yang akan digunakan.

Wadah tanah liat ini juga cenderung kuat karena meskipun terkena api besar dalam jangka waktu lama, permukaannya akan tetap utuh. Wadah tanah liat juga ramah lingkungan karena dibuat dari tanah liat yang dibentuk dan kemudian dibakar hingga kering dan kokoh.

Satu-satunya kekurangan memasak dengan tanah liat adalah panas yang agak lama menyebar. Semakin tebal wadah tanah liat maka semakin lama juga proses masaknya. Namun hal ini membuat masakan matang perlahan dan menghasilkan rasa yang lebih enak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Santap Ikan Kerapu Raja dan Udang Vaname"
[Gambas:Video 20detik]