Kisah Marshall Pelopor Es Krim Modern dengan Nitrogen Cair

ADVERTISEMENT

Kisah Marshall Pelopor Es Krim Modern dengan Nitrogen Cair

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 11 Agu 2020 16:00 WIB
Pelopor es krim modern
Foto: The Hustle
Jakarta -

Tak hanya sekadar manis dan segar saja, kini es krim banyak dikreasikan menjadi lebih modern. Namun, tahukah kamu siapa yang mempelopori varian es krim modern?

Adalah Agnes B. Marshall, seorang koki, penulis buku masak sekaligus pemilik bisnis. Ia lahir pada tahun 1855 di London Timur. Namanya dikenal sebagai orang yang pertama kali mempelopori varian es krim modern sejak abad ke-19.

Ia membuat es krim dari campuran rempah-rempah, daging, puding dan sayuran ke dalam adonan. Es krim tersebut tidak disajikan dalam mangkuk seperti cara kuno. Ia kemudian membekukan es krim dalam cetakan yang dibuat sendiri. Bentuk cetakannya ada mulai dari kelinci, melon dan mentimun.

Pelopor es krim modernPelopor es krim modern Foto: The Hustle

Baca Juga : Es Krim Pertama Kali Ditemukan di China atau Italia?

Tak hanya itu, seorang sejarawan makanan telah menelusuri bahwa Marshall merupakan orang yang pertama kali membuat es krim nitrogen seperti yang viral di media sosial. Karena ia menjuluki Marshall dengan sebutan 'Ratu Es'.

Meskipun nama Marshall sering dilupakan, tetapi dia adalah sosok yang berkontribusi pada tampilan dan popularitas es krim saat ini. Melansir dari The Hustle (09/08) kepiawaian Marshall dalam memasak berawal dari dirinya suka memasak sejak kecil. Kemudian ia belajar memasak di Paris dan Wina dengan bimbingan koki ternama.

Hingga akhirnya ia membeli tanah di Mortimer Street pada 1883 untuk dibangun sebuah gedung sekolah khusus memasak yang diberi nama Sekolah Masak Marshall. Kemudian dia memasang iklan di koran lokal untuk masyarakat mau bergabung. Kelas memasaknya itu ia berfokus pada cara mengubah jamuan makan malam menjadi masakan mewah.

Pelopor es krim modernPelopor es krim modern Foto: The Hustle

Di tahun 1884, Marshall mengajar lima hingga enam kelas dalam seminggu. Terkadang dalam satu kelas berisi 40 orang sekaligus. Nah, di sanalah Marshall mulai mengarahkan untuk mengubah pandangan tentang bisnis es krim.

Awalnya, es krim hanya krim yang terbuat dari susu dan disajikan dalam mangkuk kecil. Dulu es krim hanya disajikan untuk kalangan kelas atas saja. Namun, Marshall memperkenalkan es krim dengan level terbaru. Ia selalu memperhatikan kualitas es krim buatannya.

Ia juga membuat dessert yang satu ini bisa dinikmati oleh semua kalangan, termasuk kalangan bawah. Dia tahu betul bahwa mereka merasa sulit untuk membuat dan menyimpan es krim. Karenanya ia mematenkan salah satu mesin pembuat es krim rumahan sederhana. Berupa perangkat melingkar yang bisa membuat es krim hanya 3 menit saja.

Pelopor es krim modernPelopor es krim modern Foto: The Hustle

Marshall juga merupakan penemu es krim dengan cone yang bisa dimakan. Cone tersebut dibuat dengan campuran telur, tepung, gula dan almond. Jika kamu tahun es krim nitrogen cair yang viral di media sosial juga dibuat dari ide Marshal. Hal tersebut pernah ditulis dalam bukunya tahun 1991 tentang teknik baru yang disebut 'oksigen cair' untuk membekukan es krim di rumah.

Di tahun 1905, Marshall meninggal dunia. Sekolah memasak yang didirikannya itu kemudian diubah oleh suaminya menjadi pengecer barang rumah tangga yang diberi nama Marshall's Ltd. Bangunan itu bertahan hingga Perang Dunia II.

Pelopor es krim modernPelopor es krim modern Foto: The Hustle

Kemudian, kebakaran terjadi dan menghanguskan dokumen pribadi Marshall. Semenjak itu, ingatan publik tentang Marshal mulai menghilang. Karenanya nama tak begitu terdengar di dunia kuliner es krim. Namun, masih ada beberapa pemilik bisnis es krim yang mengingat Marshall sebagai pelopor es krim modern.

Seperti pada toko es krim di St bernama Ice Plain & Fancy yang diambil dari buku Marshall berjudul Fancy Ices. Di sana terdapat potret Marshall yang dipajang di dinding. Selain itu, toko es krim tersebut juga menawarkan menu es krim seperti buatan Marshall, dengan menu Mrs. Marshall Old Fashioned Ice Cream yang terbuat dari vanilla, cider, kulit jeruk dam campari.

Baca Juga : Jarang Diketahui, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Sejarah Es Krim



Simak Video "Singapura Tarik Dua Varian Es Krim Haagen Dazs dari Peredaran"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT