Konsep Halalan Toyyiban dalam Islam, Seperti Apa?

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 11 Agu 2020 14:30 WIB
Ecological pigs and piglets at the domestic farm, Pigs at factory Foto: Getty Images/iStockphoto/didesign021
Jakarta -

Halalan toyyiban memiliki arti "halal lagi baik". Makanan dan barang yang halal akan membawa pada ketakwaan, kesyukuran dan ke arah kebaikan. Halal adalah segala sesuatu yang dikaitkan dengan matlamat hidup dan pemakanan itu sendiri. Sedangkan toyyiban merujuk kepada tidak hanya makanan tetapi juga menghasilkan akal fikiran yang baik dan badan yang sehat.

Dilansir dalam buku 'Halalkah Makanan Kita?: Bagaimana Mencarinya di Pasaran' oleh Dr. Saadan Man dan Zainal Abidin Yahya, halalan toyyiban ialah sebagai makanan yang menempati kaidah yang ditetapkan oleh syarak dalam semua aspek yang berkaitan dengan makanan dan pemakanan.

Selain makanan yang mengandung najis dan memabukkan, Islam juga mengharamkan makanan yang menimbulkan mudharat, terutama untuk tubuh.

Dalam Al-qur'an, Allah SWT menegaskan tentang segala sesuatunya harus halalan toyyiban dan menegaskan keharaman dapat membayakan diri sendiri.

Kata halal digandengkan dengan kata thayyibah (baik). Berikut beberapa potongan ayat dalam Al-qur'an tentang toyyiban yakni QS. Al-Baqarah ayat 168 :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ كُلُوا۟ مِمَّا فِى ٱلْأَرْضِ حَلَٰلًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا۟ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيْطَٰنِ ۚ إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Artinya: "Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu."

Dalam surat Ali Imran ayat 93 disebutkan:

كُلُّ الطَّعَامِ كَانَ حِلًّا لِبَنِي إِسْرَائِيلَ إِلَّا مَا حَرَّمَ إِسْرَائِيلُ عَلَىٰ نَفْسِهِ مِنْ قَبْلِ أَنْ تُنَزَّلَ التَّوْرَاةُ ۗ قُلْ فَأْتُوا بِالتَّوْرَاةِ فَاتْلُوهَا إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

Artinya: "Semua makanan adalah halal bagi Bani Israil melainkan makanan yang diharamkan oleh Israil (Ya'qub) untuk dirinya sendiri sebelum Taurat diturunkan. Katakanlah: "(Jika kamu mengatakan ada makanan yang diharamkan sebelum turun Taurat), maka bawalah Taurat itu, lalu bacalah dia jika kamu orang-orang yang benar".

Sehingga halalan toyyiban tidak hanya merujuk pada apa yang harus dimakan tetapi apapun yang digunakan oleh muslim haruslah segala sesuatu yang baik.



Simak Video "Menengok Restoran Halal di Angeles City, Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)