Bikin Laper! Puas Makan Nasi Megono hingga Tauto Khas Pekalongan

Devi Setya - detikFood Selasa, 11 Agu 2020 07:30 WIB
bikin laper makanan pekalongan Foto: bikin laper Trans TV
Jakarta -

Pekalongan bukan hanya dikenal sebagai Kota Batik, di sini juga ada makanan menarik. Tim Bikin Laper sampai terbuai dimanjakan enaknya nasi megono dan tauto khas Pekalongan.


Jelajah kuliner ala Bikin Laper kali ini singgah di warung makan yang menyajikan hidangan khas Pekalongan, namanya Warung Pak Uban. Tempat makan di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara ini punya berbagai menu andalan asal Pekalongan.

Anwar dan Gilang kali ini akan memanjakan lidah dengan berbagai santapan lezat. Mereka mengaku baru pertama kali menikmati ragam makanan khas Pekalongan tapi lidahnya langsung terbuai begitu aneka makanan ini mendarat di mulut.

bikin laper makanan pekalonganbikin laper makanan pekalongan Foto: bikin laper Trans TV

Baca juga : Bikin Laper! Dibogem Bebek hingga Oseng Bakso yang Pedas Nendang

Menu pertama yang mereka coba adalah Nasi Megono. Olahan nasi ini dilengkapi lauk berupa nangka muda cincang yang dimasak dengan berbagai bumbu. Gilang agak terkejut saat pertama kali menyantapnya.

"Kirain ayam, ternyata nangka. Ini dimakan pakai nasi jadi kaya serundeng, enak banget," kata Gilang yang baru pertama kali mencicip nasi megono.

Selanjutnya ada tauto, paduan soto dengan tambahan tauco ini lagi-lagi bikin Anwar dan Gilang tak bisa berhenti ngunyah. Kuah tauto yang rasanya khas diberi isian soun lembut. Mereka bahkan lahap menyantapnya dengan tambahan jeruk nipis dan sambal.

bikin laper makanan pekalonganbikin laper makanan pekalongan Foto: bikin laper Trans TV

Menu yang tak kalah menggoda yakni Ayam Besengek. Racikan ayam ini sekilas mirip opor kuning namun memiliki kuah yang lebih kental dan pekat. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung sehingga rasanya lebih gurih mantap dan teksturnya pun lebih padat.

Ayam besengek ini disajikan dengan taburan bawang goreng berlimpah. Saking enaknya, Anwar dan Gilang bahkan sampai menikmati ayam hingga ke tulangnya.

Keseruan kulineran khas Pekalongan ini bisa disaksikan lewat tayangan Bikin Laper yang tayang di Trans TV setiap hari pukul 17.00 WIB. Siap-siap ikut ngiler dan langsung ngidam tauto dan nasi megono.

Baca juga : Dibuai Sop Djanda dan Mie Kari Rendang yang Endolita dan Bikin Laper!



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Masakan Khas Pekalongan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)