ADVERTISEMENT

Jajanan Ndeso Ngangeni

Sejarah Bajigur, Minuman Petani yang Jadi Menu di Kafe Kekinian

Devi Setya - detikFood
Selasa, 11 Agu 2020 09:00 WIB
Root of ginger on wooden table
Foto: Getty Images/iStockphoto/julichka

2. Komposisi bajigur


Bajigur terbilang minuman sederhana, bahan pembuatnya hanya terdiri dari gula aren, santan dan jahe. Penggunaan jahe pada bajigur juga tidak terlalu banyak sehingga rasa yang mendominasi yakni manis legit dari gula aren dan santan.

Kini ada beberapa orang yang membuat bajigur dengan tambahan daun pandan dan sedikit garam untuk penyeimbang rasa. Untuk membuat bajigur juga cukup mudah, semua bahan dicampur dan dimasak hingga mendidih dan agak kental. Bajigur harus segera disajikan saat masih hangat agar sensasinya lebih nikmat.

3. Identik disajikan dengan makanan rebusan

Root of ginger on wooden tableRoot of ginger on wooden table Foto: Getty Images/iStockphoto/julichka


Bajigur identik dengan penyajiannya yang hangat. Sambil minum bajigur, ada juga berbagai menu pelengkap.

Tak kalah ndeso, makanan pelengkap bajigur adalah aneka rebusan mulai dari kacang rebus, singkong, pisang, ubi hingga talas. Ada juga yang kerap menikmati bajigur dengan kudapan manis tradisional seperti timus dan kue mata roda.

Di desa, masih banyak ditemui penjual bajigur yang berkeliling menggunakan gerobak. Penjual bajigur ini selalu membawa kompor untuk menjamin bajigurnya tetap hangat. Saat dibiarkan dingin, santan dan air jahe pada bajigur akan terpisah dan ini tentu akan mengurangi sensasi rasanya.



Simak Video "Bikin Laper: Puas Kulineran Khas Thailand di PIK"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT