Jajanan Ndeso Ngangeni

Sejarah Bajigur, Minuman Petani yang Jadi Menu di Kafe Kekinian

Devi Setya - detikFood Selasa, 11 Agu 2020 09:00 WIB
Root of ginger on wooden table Foto: Getty Images/iStockphoto/julichka
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
Jakarta -

Setiap kuliner tradisional punya sejarah yang unik, termasuk bajigur. Dulunya bajigur jadi minuman para petani, tapi kini jadi menu kafe kekinian.

Sudah banyak yang tahu kalau bajigur berasal dari Jawa Barat tapi tak ada yang tahu detailnya. Minuman yang biasa tersaji hangat ini punya rasa manis legit, jadi siapapun yang menyeruputnya dijamin langsung ketagihan.

Di era 1990-an, penjual bajigur bisa ditemui di jalan. Mereka berjualan keliling menggunakan gerobak dorong. Bajigur juga identik dengan aneka makanan pendamping serba rebusan seperti pisang, ubi, singkong hingga talas.

Menengok lebih jauh lagi, bajjigur bukanlah minuman yang biasa diperjual belikan karena umumnya masyarakat membuatnya untuk dikonsumsi sendiri. Dulu, bajigur adalah minuman favorit para petani di Jawa Barat.

Baca juga : Racik Sendiri Bajigur hingga Wedang Ronde dengan Resep Ini

Penasaran dengan sejarah dan fakta seputar bajigur? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut serba serbi menarik seputar bajigur.

1. Sejarah bajigur

Root of ginger on wooden tableRoot of ginger on wooden table Foto: Getty Images/iStockphoto/julichka


Bajigur pertama kali dibuat oleh masyarakat Sunda di Jawa Barat. Bajigur ditemukan secara tidak sengaja oleh para petani. Awalnya para petani ini terbiasa menikmati air rebusan gula aren di pagi hari sebelum beranjak ke sawah.

Air gula yang dinikmati hangat ini punya efek menenangkan sekaligus memacu semangat dan energi. Lambat laun, air gula aren ini mengalami perkembangan karena diberi berbagai tambahan bahan lainnya.

Para petani mulai menambahkan jahe dan santan. Minuman hangat ini langsung jadi favorit, apalagi pada masa itu kawasan Jawa Barat masih terasa sangat dingin. Minum segelas bajigur hangat bisa menjadi doping semangat sekaligus membuat tubuh hangat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resep Minuman khas Thailand Tub Tim Grob"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni