Menipu Mata! Jeruk dan Kentang Kotor Ini Sebenarnya Bakpao Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 10 Agu 2020 16:00 WIB
Bakpao bentuk jeruk dan kentang Foto: Oddity Central
Jakarta -

Tren makanan realistis semakin berkembang. Di Vietnam ada wanita yang jago bikin bakpao bentuk jeruk hingga kentang kotor!

Makanan realistis adalah makanan yang dibentuk menyerupai benda atau makanan lain. Makanan ini tengah jadi tren karena menciptakan ilusi. Pasalnya seseorang yang melihat makanan realistis bisa tertipu karena tampilannya.

Misal melihat burger enak, ternyata dalamnya adalah sponge cake berisi buttercream. Begitu juga ketika melihat sandal Crocs yang persis asli, ternyata bagian dalamnya adalah kue enak.

cake bentuk makanancake bentuk makanan Foto: Laura Loukaides

Beberapa baker lantas mengkhususkan diri sebagai pembuat makanan realistis. Kreasi mereka digemari karena benar-benar bisa menipu mata dan menciptakan elemen kejutan saat melihatnya.

Baca Juga: Terlalu Realistis! 10 Kreasi Kue Seram Ini Bikin Ngeri Saat Dipotong

Di Vietnam, tepatnya kota Ho Chi Minh, ada wanita bernama Le Thuy yang terkenal sebagai pembuat makanan realistis. Ia mengkreasikan jelly dan bakpao menjadi bentuk makanan lain.

Dikutip dari Oddity Central (7/8), salah satu kue buatannya yang terkenal adalah bakpao bentuk jeruk. Sepintas orang-orang akan mengira tumpukan jeruk Mandarin di dalam keranjang. Warnanya oranye terang dengan kulit sedikit berongga layaknya jeruk asli. Namun sebenarnya semua 'jeruk' itu adalah bakpao.

Bakpao bentuk jeruk dan kentangBakpao bentuk jeruk dan kentang Foto: Oddity Central

Le Thuy terinspirasi menciptakan makanan realistis ini setelah melihat seorang baker di Singapura membuatnya untuk keperluan promosi les bikin kue. Wanita yang juga berprofesi sebagai guru SMP ini lantas sangat tertarik ikut les tersebut, namun ia mengurungkan niat karena tak punya uang.

Le Thuy tak putus asa. Ia malah belajar sendiri membuat makanan realistis. Lewat internet ia mencari tahu berbagai resep bakpao gaya China, Taiwan, dan Singapura. Ia bahkan gabung dalam sebuah forum berisi orang-orang China untuk menanyakan hal spesifik.

Bakpao bentuk jeruk dan kentangBakpao bentuk jeruk dan kentang Foto: Oddity Central

Le Thuy juga memanfaatkan Google Translate untuk menerjemahkan resep yang ia dapat. Ia lalu mencoba mempraktekannya, namun sering kali gagal. "Saya sudah membuat hampir 100 jenis kue selama ini, tapi tak pernah gagal sebanyak ketika saya coba bikin bakpao," ujarnya.

Ia mengaku gagal lebih dari 20 kali. Misalnya tekstur bakpaonya berkerut atau tak sempurna. "Saya lalu membuangnya ke tempat sampah dan menangis setiap itu terjadi," lanjut Le Thuy.

Setelah proses 'trial and error' tersebut, baker berbakat ini menemukan tiga rahasia utama untuk membuat bakpao sempurna. Ketiganya adalah membiarkan adonan mengembang sendiri, mengukus dengan temperatur yang tepat, dan dalam waktu yang pas pula.

Bakpao bentuk jeruk dan kentangBakpao bentuk jeruk dan kentang Foto: Oddity Central

Bakpao buatannya pun kini berbentuk sempurna. Le Thuy lalu mengkreasikannya sebagai makanan realistis. Ia membuat bakpao bentuk jeruk hingga kentang yang kotor, seperti baru diambil dari tanah.

Sebelum Le Thuy, kreasi makanan realistis juga dibuat seniman bernama Liz Marek. Sudah sekitar 9 tahun ia membuat berbagai kue detail berbentuk makanan lain.

Bakpao bentuk jeruk dan kentangBakpao bentuk jeruk dan kentang Foto: Oddity Central

Beberapa yang pernah ia buat adalah kue bentuk menu sarapan, pancake, burger, segelas bir, steak daging, bunga hingga patung-patung ikonik dan banyak lainnya. Liz Marek mengungkap ia terinspirasi dari segala sesuatu yang ada di sekitarnya.

Baca Juga: Unik! Pancake dan Buger yang Persis Aslinya Ini Terbuat dari Kue



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Topokki Panjang di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)