Restoran Ini Bikin Masker Praktis Agar Pengunjung Gampang Makan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 10 Agu 2020 15:30 WIB
Masker praktis untuk makan Foto: Sora News 24
Jakarta -

Restoran ini berinovasi meluncurkan masker praktis dan multifungsi. Masker bisa menutupi area hidung dan mulut sekaligus, namun tetap memudahkan pengunjung makan.

Beraktivitas menggunakan masker kini jadi kenormalan baru untuk orang-orang di banyak negara. Hal ini memang tidak mengganggu kegiatan sehari-hari, kecuali saat makan. Pasalnya area mulut harus terbuka sehingga makanan bisa masuk dengan mudah.

Beberapa restoran lantas mencari cara ciptakan pengalaman bersantap yang aman bagi pengunjung di tengah Covid-19, namun tetap membuat mereka nyaman. Di Jepang, restoran Saizeriya datang dengan inovasi masker praktis yang bisa dipakai saat makan.

Masker praktis untuk makanMasker praktis untuk makan Foto: Sora News 24

Baca Juga: Pakai Masker Ramen Ini Sensasinya Kayak Lagi Makan Ramen!

Masker ini bernama Shabereru-kun atau juga berarti Talkable-kun karena selain saat makan, masker ini juga memudahkan penggunanya bicara. General manager Saizerita, Atsushi Takagi menunjukkan keunggulan masker berikut cara pakainya dalam sebuah video singkat.

Dilansir dari Sora News 24 (10/8), cara awal memakainya adalah mencopot masker yang dipakai. Masker yang dicontohkan adalah masker medis. Lapisannya cenderung tipis dan mudah dilipat.

Setelah dicopot, pengguna perlu melipat masker dengan lembaran plastik yang disediakan. Plastik inilah yang berfungsi sebagai penutup area mulut pengguna, namun tetap bisa dipakai makan karena sisian lainnya terbuka.

Masker praktis untuk makanMasker praktis untuk makan Foto: Sora News 24

Meski terlihat menjanjikan, lembaran plastik ini tidak membuat penggunanya 100% terbebas dari penularan virus. Sebab ada area terbuka yang memungkinkan virus tetap bisa menginfeksi.

Komentar netizen nampak membanjiri kolom video masker Shabereru-kun. Kebanyakan ternyata menyoroti fungsi masker yang dianggap sia-sia. "Saya rasa mereka (restoran Saizerita) tidak mengerti masker itu ditujukan untuk apa," sahut seorang netizen.

Ada juga netizen yang bilang, "Bisa bayangkan bagaimana pengguna masker terkena api saat makan daging panggang yang dimasak sendiri." Beberapa bahkan lebih memilih makan di rumah saja alih-alih di restoran karena potensi penularan virusnya masih besar.

Masker praktis untuk makanMasker praktis untuk makan Foto: Sora News 24

Sebelum masker Shabereru-kun, di Jepang juga populer masker tirai. Terdiri dari tiga lembar kain, masker ini hanya perlu disingkap bagian tengahnya saat pengguna mau makan.

Banyak orang Jepang menggunakan masker tirai saat menghadiri acara makan dan minum formal. Pasalnya mereka lebih mudah menikmati makanan tanpa harus buka tutup masker.

Baca Juga: Pakai Masker Ini Bisa Santai Makan dan Minum Tanpa Repot



Simak Video "Manis Legit Lapis India Khas Banjarmasin"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)