Jajanan Ndeso Ngangeni

Awalnya Sebagai Pengganti Nasi, Ini 5 Fakta Unik Getuk Lindri

Riska Fitria - detikFood Senin, 10 Agu 2020 12:30 WIB
Getuk lindri Foto: iStock
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

5. Tradisi Gerebek Getuk di Magaleng

Getuk lindriGetuk lindri Foto: iStock

Magelang, sebagai tempat di mana getuk lindri tercipta memiliki tradisi unik. Tradisi tersebut berkaitan dengan getuk lindri, oleh karena itu tradisi ini dikenal dengan sebutan Gerebek Getuk. Gerebek Getuk biasanya diadakan di alun-alun kota Magelang.

Diadakannya tradisi Gerebek Getuk juga sebagai tanda hari jadi kota Magelang. Dalam tradisi ini, nantinya getuk-getuk akan disusun menggunung. Tampilannya cantik karena getuknya dibuat dengan warna-warna cantik. Ada dua gunungan getuk yang dibuat, yaitu gunungan lanang (laki-laki) dan gunungan wadon (perempuan).

Kedua gunungan getuk tersebut memiliki perbedaan. Gunungan laki-laki dibuat dengan ujung berbentuk lancip, sementara gunungan perempuan berbentuk bulat. Kedua gunungan itu akan diarak dan nantinya akan diperebutkan oleh masyarakat yang menyaksikan.

Bagi masyarakat Magelang, Gerebek Getuk merupakan lambang dari kemakmuran. Tradisi ini bertujuan untuk menambah rasa persatuan dan kekompakan antara masyarakat Magelang. Selain itu juga menjadi daya tarik wisatawan lokal.

Baca Juga : Getuk Legendaris Buatan Warung Getuk Dalangan yang Pulen Murah

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Buntut Sapi Sambal Kecombrang"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com