Jajanan Ndeso Ngangeni

Awalnya Sebagai Pengganti Nasi, Ini 5 Fakta Unik Getuk Lindri

Riska Fitria - detikFood Senin, 10 Agu 2020 12:30 WIB
Getuk lindri Foto: iStock
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

3. Keunikan Getuk Lindri

Getuk lindriGetuk lindri Foto: iStock

Getuk lindri biasanya diberi topping berupa kelapa parut. Selain itu, getuk lindri juga memiliki ciri khas yang menjadi keunikan tersendiri. Ciri khas tersebut ada pada warna pada adonan getuk lindri.

Umumnya, jajanan ndeso satu ini memiliki tiga warna seperti krem, merah muda dan hijau. Warnanya dibuat cerah, sehingga menarik perhatian semua orang dan membuat penasaran untuk mencicipinya. Namun, semakin berjalannya waktu, warna getuk lindri semakin bervariasi.

Sekarang banyak orang yang membuat getuk lindri dengan warna sesuai dengan selera masing-masing. Selain warnanya, ciri khas getuk lindri juga ada pada aromanya. Getuk lindri memiliki aroma yang khas karena adanya perpaduan antara singkong, daun pandan dan kelapa.

4. Filosofi Getuk Lindri

Getuk lindriGetuk lindri Foto: iStock

Di samping rasanya yang enak, getuk lindri memiliki filosofi yang mendalam. Menurut masyarakat Jawa, getuk lindri merupakan lambang dari kesederhanaan. Mengingat bahan pembuatannya terbuat dari singkong yang dulu tercipta karena sebagai pengganti beras.

Selain itu, getuk lindri juga mengajarkan masyarakat Jawa untuk selalu bersyukur pada hal sederhana di sekitar kita dan bisa menjadi bermanfaat. Kini getuk lindri banyak dijual di pasar-pasar tradisional.

Karenanya, getuk lindri juga dikenal sebagai jajanan pasar. Selain itu, ada juga penjual getuk lindri yang menggunakan gerobak dan berkeliling. Biasanya penjual gerobak itu akan menyalakan musik dangdut selama berkeliling.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Lobster Keju Sambal Matah"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com