Taruh Kopi di Kolong Ranjang Bisa Lacak Santet, Apa Benar?

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 09 Agu 2020 14:30 WIB
Kopi Untuk Lacak Santet Foto: TikTok @dyanakitty_29
Jakarta -

TikTok juga bagikan tips melacak santet. Seperti netizen ini yang bagikan cara lacak santet dengan taruh kopi di kolong ranjang.

Jadi salah satu aplikasi yang paling digandurungi di dunia, TikTok jadi pusatnya berbagai informasi. Mulai dari musik, olahraga, hiburan, sampai hal-hal yang berbau klenik dan mistis.

Baca Juga: Inilah Kisah Mistis dari 7 Restoran Paling Berhantu di Dunia

Baru-baru ini viral video TikTok dari pengguna @dyanakitty_29 (09/08), yang membagikan cara atau tutorial melacak santet dengan mudah. Santet sendiri merupakan ilmu hitam yang dipercaya sebagian orang di Indonesia. Cara melacak santet ini diklaim bisa melalui secangkir kopi saja.

Kopi hitamKopi hitam Foto: iStock

"Cara cek kamu terkena santet atau tidak," tulis keterangan video tersebut. Caranya cukup mudah. Dyana menjelaskan bahwa yang perlu dilakukan orang-orang hanyalah membuat kopi hitam tanpa campuran gula dan topping lainnya.

Setelah kopi hitam dibuat, letakkan cangkir kopi di bawah kolong tempat tidur atau di samping tempat tidur. Diamkan selama semalam dan cek di pagi hari.

"Jika kopi itu berkurang banyak, sampai setengah gelas. Fix kamu harus berobat," tulis Dyana lengkap dengan foto cangkir kopi hitam yang hanya terisi setengah.

Video ini pun langsung viral di TikTok dan Instagram. Banyak netizen yang memiliki opini beragam. Mulai dari komentar candaan, kritik, sampai komentar penasaran.

Kopi Untuk Lacak SantetKopi Untuk Lacak Santet Foto: TikTok @dyanakitty_29

"Serius? Info dari mana begini? Kalo kopi berkurang bisa aja kan emang diminum jin, pernah sih liat orang taro kopi besoknya emang berkurang, biasanya kayak sajen buat karuhun/sepuh gitu," komen pengguna Instagram @nchii92_, di akun @mak_inpoh.

Hal serupa juga dituturkan oleh pemilik akun Instagram @mgrs_90. Ia menjelaskan bahwa menaruh kopi di kolong tempat tidur untuk melacak santet dinilai tidak efektif. Karena kemungkinan besar kopi akan tetap berkurang jika di kamar itu ada penunggunya.

"Kalau di tempat itu ada dedemitnya, kopinya pasti berkurang. Apalagi di samping kopinya ditaruh telur asin yang sudah dikupas. Gak percaya? Buktiin aja sendiri. Itu kalau di tempat lu emang ada dedemitnya ya.." tulis @mgrs_90.

Kopi Untuk Lacak SantetKopi Untuk Lacak Santet Foto: TikTok @dyanakitty_29

Ada juga netizen yang mengkritik keras video tutorial buatan Dyana ini. Menurutnya video seperti ini justru memancing orang untuk mengundang mahklus halus dengan memberikan sesajen lewat kopi.

"Yaelah Mbak jangan salah buat (video) TikTok begitu. Bahaya main mistik!" komen seorang netizen.

Terlepas dari kontroversi yang ada, kopi hitam memang sering dikaitkan dengan hal-hal mistis di Indonesia. Banyak ahli spiritual yang menuturkan bahwa kopi hitam ini bisa melacak santet.

Kopi Untuk Lacak SantetKopi Untuk Lacak Santet Foto: TikTok @dyanakitty_29

Biasanya kopi hitam akan menyusut atau berkurang 1-2 cm dari posisi awal, jika seseorang yang terkena santet menaruhnya di kolong tempat tidur atau di samping tempat tidur selama semalam penuh.

Selain kopi ada beberapa makanan dan minuman yang kerap dijadikan sebagai sajen, serta dikaitkan dengan hal yang berbau mistis. Seperti ayam cemani hingga kelapa.

Baca Juga: Makna 5 Makanan dan Minuman yang Sering Jadi Sesajen



Simak Video "Mencoba Thai Tea Kekinian, Murah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)