Jajanan Ndeso Ngangeni

Genjer hingga Krokot, Sayuran Ndeso yang Bikin Kangen Kampung

Devi Setya - detikFood Sabtu, 08 Agu 2020 07:00 WIB
sayur ndeso Foto: iStock
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

4. Sayur kembang turi

sayur ndesoayuran Ndeso yang Bikin Kangen Kampung Foto: istock

Kembang turi kerap ditemui sebagai campuran dalam pecel khas Madiun. Selain jadi campuran pecel, kembang turi juga sering diolah jadi sayur teman makan.

Kembang turi yang warnanya putih dan rasanya agak manis ini biasa diolah dengan cara ditumis. Sayuran langka ini sangat sulit ditemui di kota besar karena sudah tak ada lagi pohon kembang turi. Alhasil, orang harus ke kampung halaman dulu kalau mau makan tumis kembang turi.

Kembang turi bisa dimasak langsung ataupun dicampurkan dengan aneka bahan makanan lain. Tumis kembang turi ccampur teri atau tumis kembang turi tauge bisa jadi alternatif makanan enak.

5. Tumis kembang durian

tumis kembang duriantumis kembang durian Foto: instagram @kartinidjauhari


Siapa bilang kembang durian tidak bisa diolah? Kalau ada pohon durian yang bunganya rontok berguguran coba kumpulkan lalu masak jadi tumis kembang durian. Dijamin rasanya enak.

Kembang durian punya bentuk unik dengan putik yang memanjang. Di kampung yang banyak terdapat kebun durian, bagian kembang ini jadi primadona karena biasa dimasak jadi sayur enak. Apalagi aroma khas kembang durian menambah kelezatan sayur ndeso ini.

Untuk membuat tumis kembang durian, caranya cukup mudah yakni hanya membutuhkan bawang merah, bawang putih, cabai dan tomat. Kembang durian langsung bisa ditumis bersama bumbu hingga matang dan layu. Biasanya kembang durian dimakan dengan nasi putih hangat. Menu ini sudah sangat langka dan bahkan sudah tak bisa ditemui di kota besar.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com