Jajanan Ndeso Ngangeni

Genjer hingga Krokot, Sayuran Ndeso yang Bikin Kangen Kampung

Devi Setya - detikFood Sabtu, 08 Agu 2020 07:00 WIB
sayur ndeso Foto: iStock
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

2. Krokot

sayur ndesoSayuran Ndeso yang Bikin Kangen Kampung Foto: butterflyhouse


Sayuran ndeso yang tak kalah ngangeni adalah krokot. Tumbuhan ini kerapjuga disebut krukut ataupun sayur gelang. Krokot memiliki batang berwarna merah keunguan, bentuknya agak tebal. Sementara bagian daunnya juga tebal dengan unga berwarna kuning.

Krokot aman dimakan dan kerap diolah sebagai sayuran. Namun bagi masyarakat modern, krokot dianggap sebagai hama. Krokot bisa dimasak dengan cara ditumis, dijadikan campuran sayur ataupun jadi campuran botok.

Krokot punya banyak kandungan nutrisi, WHO bahkan mencatat krokot sebagai tanaman obat prioritas. Secara alami krokot punya rasa segar sedikit asam, khasiatnya untuk kesehatan yakni bisa menyembuhkan disentri, membuat efek tenang dan mengobati masalah buang air kecil.

Baca juga : 7 Makanan Khas Betawi Enak Tapi Langka dan Hampir Punah

3. Oseng kulit singkong

cara mmebuat keripik singkongayuran Ndeso yang Bikin Kangen Kampung. Foto: detikFood


Pernah membayangkan sensasi makan kulit singkong? Beberapa masyarakat di kampung gemar mengolah kulit singkong jadi menu tumisan. Eits jangan bayangkan kulit singkong yang keras dan berlumur tanah ya. Kulit singkong yang dimaksud ini adalah bagian dalamnya yang berwarna putih.

Oseng kulit singkong ini populer di Yogyakarta dann beberapa daerah di Jawa Tengah lain. Untuk mengolah kulit singkong ini juga tidak sulit karena hanya perlu mencuci bagian kulit singkong yang berwarna putih hingga bersih. Sebelum dimasak, kulit singkong ini harus direndam dulu selama seharian, tujuannya untuk menghilangkan rasa pahit alami.

Setelahnya, kulit singkong bisa langsung dipotong kecil dan dimasak dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih cabai dan garam. Makin pedas rasanya makin nikmat rasanya. Kulit singkong ini punya tekstur kenyal dan rasanya enak disantap sebagai lauk teman makan nasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com