5 Hewan Ini Bisa Sebabkan Kematian Jika Dikonsumsi Manusia

Riska Fitria - detikFood Rabu, 05 Agu 2020 15:30 WIB
Hewan yang mematikan jika dikonsumsi manusia Hewan yang mematikan jika dikonsumsi manusia Foto: iStock
Jakarta -

Ada banyak hewan yang bisa dikonsumsi manusia. Namun ada juga beberapa jenis hewan yang justru bisa sebabkan kematian jika dimakan orang.

Hewan yang umum untuk dikonsumsi manusia ada seperti sapi, kambing, ayam, ikan, hewan laut dan lainnya. Namun, terkadang ada beberapa jenis hewan yang terdengar ekstrem jika dikonsumsi manusia.

Kamu harus berhati-hati jika mengonsumsi hewan-hewan ekstrem tersebut. Pasalnya seringkali hewan-hewan tersebut mengandung racun yang berbahaya di bagian tubuh tertentu. Jika dikonsumsi bisa menyebabkan keracunan hingga kematian.

Beberapa hewan yang berbahaya jika dikonsumsi ada seperti ikan barakuda, beruang kutub hingga burung pitohui. Ada juga ikan fugu dan ubur-ubur yang sebenarnya jadi makanan yang lezat jika diolah dengan benar.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 hewan yang bisa menyebabkan kematian jika dikonsumsi manusia.

1. Ikan Barakuda

Hewan yang mematikan jika dikonsumsi manusiaHewan yang mematikan jika dikonsumsi manusia Foto: iStock

Ikan barakuda merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi primadona bagi pemancing profesional. Padahal ikan jenis ini dikenal sebagai salah satu ikan ganas di samudera. Ikan barakuda tumbuh dengan bobot yang tinggi, begitupun dengan panjang tubuh keseluruhan.

Disebut ikan ganas, karena ikan ini memiliki gigi tajam di sepanjang mulut besarnya. Mengonsumsi hewan ini tentu sangat berbahaya untuk manusia. Itu karena ikan barakuda mengandung ciguatoxin yang menyebabkan keracunan pada tubuh manusia, lapor Unimelb.edu.

Penyakit yang disebabkan karena keracunan itu memiliki gejala seperti mual, muntah, nyeri otot hingga kesemutan pada kaki dan tangan. Tak hanya itu, mengonsumsi hewan ini juga bisa menyebabkan kematian. Saat keracunan kamu akan mengalami dehidrasi parah atau gangguan pernapasan karena otot-otot pernapasan menjadi lumpuh.

Baca Juga : Penuh Racun, Ini 5 Makanan Berbahaya di Dunia yang Masih Bisa Dimakan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Icip-icip Lumpia Kekinian, dari Spring Roll hingga Otak-otak Lumpia"
[Gambas:Video 20detik]