Jangan Panaskan Telur Rebus Utuh Dalam Microwave, Ini Sebabnya

Odilia WS - detikFood Rabu, 05 Agu 2020 07:00 WIB
olahan telur rebus untuk sarapan Foto: iStock
Jakarta -

Telur rebus biasanya dimakan dingin tetapi kadang orang ingin hangatkan telur rebus. Sebaiknya jangan panaskan telur rebus utuh dalam microwave, ini alasannya.

Kehadiran oven microwave menjadi dewa penolong bagi para ibu rumahtangga. Karena kesibukan di pagi hari menyiapkan sarapan bisa jadi lebih berkurang. Dalam beberapa menit saja, makanan bisa dihangatkan dalam microwave. Semua keperluan memasak jadi lebih praktis.

Oven ini dilengkapi dengan gelombang mikro yang bisa mengantarkan panas dengan sangat cepat. Seluruh bagian makanan akan panas dan matang dalam waktu singkat. Dibandingkan dipanaskan di atas kompor gas atau listrik.

Microwave Challenge,Jangan menghangatkan telur dalam microwave. Foto: Istimewa

Tak heran jika penjualan microwave lebih dari 13.5 juta unit di Amerika Serikat pada tahun 2019. Tetapi meskipun mudah dipakai microwave tetap harus dipakai dengan bijak dan penuh tanggung jawab. Karenanya aturan pemakaian dan hal-hal yang tak dianjurkan juga dijelaskan rinci pada petunjuk pemakaiannya.

Satu hal sepele yang tidak dianjurkan dipanaskan dalam microwave dan paling sering dilakukan orang adalah memanaskan telur rebus utuh dalam oven microwave. Setelah dikeluarkan dari microwave, telur rebus utuh akan meledak dengan sangat keras. Putih telur akan liat seperti karet dan kuning telurnya berhamburan.

Lalu mengapa hal ini terjadi? Jawabannya belum dapat dibuktikan tetapi menurut salah satu teori dijelaskan prosesnya. Dikutip dari EatThis (20/5) kuning telur akan mengembangkan banyak kantong kecil dalam air yang super panas, sehingga kondisinya tidak stabil. Jika kuning telur terganggu dari dalam maupun luar, kantong-kang kecil itu akan mendidih dan melepaskan energi.

Telur rebusJangan menghangatkan telur rebus dalam microwave. Foto: Istimewa

Bisa dibayangkan suhu panas telur saat meledak bisa diiringi dengan terbakar. Karenanya sangat tak dianjurkan membuat pecobaan ilmiah dengan memanaskan telur utuh dalam microwave.

Jika kamu ingin menghangatkan telur ayam rebus utuh, ikuti cara aman ini. Taruh telur rebus dalam wadah tahan panas, beri air secukupnya. Didihkan hingga hangat selama 10 menit. Setelah itu buang airnya. Bagian dalam telur jadi hangat tanpa meledak.

Kejadian telur meledak setelah dimasak dalam microwave dialami oleh wanita asal Inggris bernama Bethany Rosser. Ketika masak telur menggunakan microwave, telur tersebut tiba-tiba saja meledak saat diangkat dan mengenai wajahnya. Iapun perlu dirawat karena luka serius di wajahnya.



Simak Video "d'Happening Viral S3 Marketing Odading Mang Oleh"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)