5 Cara Jernihkan Minyak Jelantah agar Bisa Digunakan Lagi

Riska Fitria - detikFood Rabu, 05 Agu 2020 08:00 WIB
Cara menjernihkan minyak jelantah Cara menjernihkan minyak jelantah Foto: Wiki How

4. Bersihkan Menggunakan Arang Kayu

Cara menjernihkan minyak jelantahCara menjernihkan minyak jelantah Foto: iStock

Menjernihkan minyak goreng juga bisa dengan menggunakan arang kayu. Arang kayu memiliki sifat yang dapat menyerap kotoran, termasuk kotoran yang ada di minyak goreng. Caranya mudah, yaitu dengan menghaluskan arang kayu hingga menjadi serbuk.

Kemudian serbuk tersebut dimasukkan ke dalam minyak goreng. Aduk merata minyak goreng tersebut dan tunggu hingga warna minyak goreng berubah menjadi lebih jernih. Lalu saring dan tunggu hingga warna minyak goreng itu lebih terang. Dengan begitu minyak goreng bisa dipakai lagi.

5. Gunakan Nasi Kepal

Cara menjernihkan minyak jelantahCara menjernihkan minyak jelantah Foto: iStock

Nasi kepal bisa dimanfaatkan untuk menjernihkan minyak goreng. Caranya mudah, yaitu cukup ambil segenggam nasi kemudian kepala sampai menjadi gumpalan padat. Setelah itu, masukkan nasi kepal tersebut ke dalam minyak goreng yang masih panas.

Nasi kepala memiliki teksturnya yang lengket, sehingga kotoran yang ada di minyak goreng bisa menempel di sisi nasi. Bolak-balik nasi tersebut dan tekan-tekan agar kotoran benar-benar menempel.

Angkat nasi jika kotoran dan remahan bekas makanan di minyak goreng sudah bersih. Cara ingin akan membuat minyak goreng lebih jernih dan siap untuk dipakai kembali.

Baca Juga : Merek Minyak Goreng Mana yang Jadi Favorit Pembaca Detikfood?

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Jajal Mie Kocok Bakso dan Lotek Cihapit Bandung"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)