5 Cara Jernihkan Minyak Jelantah agar Bisa Digunakan Lagi

Riska Fitria - detikFood Rabu, 05 Agu 2020 08:00 WIB
Cara menjernihkan minyak jelantah Cara menjernihkan minyak jelantah Foto: Wiki How

2. Saring Minyak Goreng Bekas Pakai

Cara menjernihkan minyak jelantahCara menjernihkan minyak jelantah Foto: iStock

Untuk menjernihkan minyak goreng bekas pakai bisa dilakukan dengan menyaringnya. Dengan menyaring minyak goreng bisa menghilangkan sisa-sisa makanan yang berukuran kecil sekalipun. Cara menyaringnya, kamu bisa menggunakan saringan atau kain tipis.

Sebelum disaring, tunggu minyak goreng sampai dingin setelah dipakai. Kemudian siapkan wadah bersih. Tuangkan minyak menggunakan saringan secara perlahan. Jika kamu melihat ada endapan di bagian bawah, jangan tuangkan minyak sampai habis.

Biarkan endapan tersebut berada di dasar wadah tersebut. Nah, kalau kamu tidak memiliki saringan, kamu bisa memanfaatkan kain tips sebagai pengganti saringan. Bentangkan kain tipis tersebut di atas wadah bersih. Lalu tuang minyak seperti semula secara perlahan.

3. Menyimpan Minyak Goreng dengan Benar

Cara menjernihkan minyak jelantahCara menjernihkan minyak jelantah Foto: iStock

Bukan hanya cara memasak saja yang bisa membuat minyak goreng menjadi keruh, tetapi juga cara menyimpannya. Untuk menyimpan minyak goreng, pastikan kamu menjaganya dari kelembaban, cahaya dan panas.

Itu karena cahaya dan panas dapat menurunkan kualitas minyak goreng ketika disimpan. Warnanya akan berubah menjadi keruh, sehingga tidak bisa digunakan kembali. Selain itu, perhatikan juga untuk tidak menyimpan minyak di atas kompor.

Hal tersebut dapat mengalami panas sekunder dari masakan lainnya, lapor Wiki How. Sebaiknya menyimpan minyak goreng di wadah yang bersih dan taruh di tempat yang sejuk dan gelap. Kulkas adalah pilihan yang baik untuk menyimpan minyak goreng.

Menyimpan minyak goreng di kulkas akan membuat teksturnya lebih tebal. Mungkin warnanya akan berubah keruh keputihan, tetapi itu tidak masalah jika dipakai untuk memasak lagi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Jajal Mie Kocok Bakso dan Lotek Cihapit Bandung"
[Gambas:Video 20detik]