5 Cara Jernihkan Minyak Jelantah agar Bisa Digunakan Lagi

Riska Fitria - detikFood Rabu, 05 Agu 2020 08:00 WIB
Cara menjernihkan minyak jelantah Cara menjernihkan minyak jelantah Foto: Wiki How
Jakarta -

Minyak goreng bekas pakai atau jelantah bisa digunakan jika warnanya masih jernih. Ada beberapa cara untuk menjernihkan minyak goreng dengan mudah.

Idealnya minyak goreng bisa dipakai kembali hingga tiga kali, itu pun kalau warnanya masih terang dan jernih. Meski minyak goreng yang baru dipakai sekali tetapi warnanya sudah keruh tetap saja tidak aman untuk dipakai kembali.

Salah satu penyebab minyak goreng cepat keruh adalah memasak menggunakan api yang terlalu besar. Nah, minyak goreng bekas pakai itu bisa dijernihkan kembali agar bisa dipakai lagi.

Cara menjernihkannya mudah, tidak hanya berkaitan saat masak tetapi juga saat menyimpan minyak. Atau bisa juga menjernihkan dengan menggunakan arang kayu hingga nasi kepal.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 cara menjernihkan minyak goreng bekas pakai agar bisa digunakan lagi.

1. Masak Pakai Api Kecil

Cara menjernihkan minyak jelantahCara menjernihkan minyak jelantah Foto: iStock

Supaya minyak goreng tidak mudah keruh, pastikan menggunakan api kecil ketika sedang menggoreng makanan. Tips ini dibagikan oleh Chef William Gozali dalam live streaming di Instagram detikFood bersama Fiesta (03/08).

"Jangan menggunakan api terlalu besar, karena nanti minyaknya cepet kotor dan ayamnya nanti cepat gosong. Jadi pakai api yang sedang-sedang saja," ujar Chef William Gozali.

Lebih lanjut, saat menggoreng menggunakan api terlalu besar membuat minyak goreng menjadi cepat panas. Ketika itulah minyak goreng akan cepat berubah menjadi coklat, keruh dan apabila digunakan terus menerus akan jadi hitam.

Api yang terlalu besar juga bisa membuat makanan terlalu berminyak. Bahkan ada kemungkinan bahwa makanan hanya matang di luar, dan mentah di bagian dalam. Idealnya suhu untuk deep fry adalah sekitar 180 derajat Celcius.

Baca Juga : Berapa Kali Minyak Gorengan Bisa Dipakai? Ini Kata Ahli Gizi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Santap Ikan Kerapu Raja dan Udang Vaname"
[Gambas:Video 20detik]