Suku Maasai di Kenya Ini Hobi Minum Darah Sapi yang Masih Segar

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 04 Agu 2020 13:30 WIB
Suku Maasai Minum Darah Sapi Foto: Maasai Tribe/Ist

2. Sapi dan Budaya Suku Maasai

Suku Maasai Minum Darah SapiSuku Maasai Minum Darah Sapi Foto: Maasai Tribe/Ist

Suku Maasai terkenal dengan ritual atau tradisi minum darah sapi yang sudah mendunia. Berbeda dengan kebanyakan orang, darah sapi dianggap sebagai salah satu minuman spesial yang enak.

Sejak dulu suku Maasai mahir mengolah setiap bagian sapi menjadi makanan yang enak. Biasanya mereka akan menggunakan susu sebagai campuran makanan. Mereka juga gemar memakan daging sapi yang masih mentah atau matang.

Tak ketinggalan darah sapi yang jadi menu wajib di setiap ritual dan upacara adat. Bahkan beberapa peneliti melihat suku Masaai memperlakukan darah sapi sebagai makanan yang biasa, sekaligus makanan keramat yang diagung-agungkan.

3. Cara Pengambilan Darah

Suku Maasai Minum Darah SapiSuku Maasai Minum Darah Sapi Foto: Maasai Tribe/Ist

Karena tujuan utama mereka mengambil darah sapi, jadi kebanyakan pria di suku Maasai tidak menyembelih sapi mereka. Tujuannya agar mereka bisa memaksimalkan produksi darah di dalam tubuh sapi.

Cara pengambilan darahnya cukup unik, biasanya sekelompok pria di suku Maasai akan memegangi satu ekor sapi. Kemudian mereka meletakkan wadah atau ember di sekitar leher sapi. Ketika mereka sudah menemukan titiknya, mereka akan menusuk sedikit permukaan kulit sapi menggunakan panah hingga darahnya keluar.

Setelah darah yang diambil terasa cukup mereka akan mengobati sapi itu. Sehingga sang sapi tidak langsung mati dan darahnya bisa diambil lagi dikemudian hari. Sistemnya persis seperti susu perah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Icip-icip Sandwich Subway yang Baru Buka Lagi di Citos"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com