Ragam Makanan Penambah ASI Alami, Enak dan Menyehatkan untuk Ibu Menyusui

Puti Yasmin - detikFood Selasa, 04 Agu 2020 10:00 WIB
Closeup of young woman holding cute little baby in her hands, lulling him in bed. Panorama with free space Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio/Ragam Makanan Penambah ASI Alami, Enak dan Menyehatkan untuk Ibu Menyusui
Jakarta -

Air Susu Ibu (ASI) merupakan asupan terbaik untuk bayi karena kandungannya bisa memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan. Bahkan untuk enam bulan pertama bayi sebaiknya diberikan ASI eksklusif. Karena itu Bunda pun sebaiknya mengonsumsi makanan penambah ASI agar stoknya bisa mencukupi.

Makanan untuk penambah ASI ini disebut juga ASI booster atau makanan laktogenik. Jenis makanan ini mengandung senyawa galaktagog atau laktogogue yang berfungsi merangsang dan meningkatkan produksi ASI terutama bagi kaum ibu menyusui.

Berikut ragam makanan penambah ASI alami:

Cemilan Penambah ASI

Bubur kacang hijauMakanan Penambah ASI Bubur Kacang Hijau Foto: iStock

Bubur kacang hijau merupakan salah satu cemilan penambah ASI. Makanan ini diketahui mengandung protein, thiamin (Vitamin B), zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan mangan.

Kacang hijau diketahui tidak mengandung kolesterol. Bahkan, Thiamin dalam makanan ini bisa mengubah karbohidrat menjadi energi sehingga bisa memenuhi energi ibu menyusui yang lebih besar dibanding saat hamil.

Selain dikonsumsi sebagai bubur, kacang hijau juga bisa diolah menjadi rebusan yang diblender dan diambil sari-sarinya. Ibu menyusui juga dapat mengonsumsi kacang hijau yang sudah diolah menjadi kue.

Minuman Penambah ASI

Sauropus androgynus, also known as katuk, star gooseberry, or sweet leaf, is a shrub grown in some tropical regions as a leaf vegetable.Makanan Penambah ASI Daun Katuk Foto: Thinkstock

Air rebusan daun katuk telah menjadi tradisi turun temurun guna menambah ASI para ibu menyusui. Daun ini juga dipercaya sebagai makanan pengental ASI karena kandungan gizinya, seperti vitamin A, C, B, zat besi, kalium, dan protein.

Selain itu, ada juga fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna. Untuk mengonsumsinya, para ibu bisa merebus daun katuk segenggaman dan minum air rebusannya.

Makanan Pelancar ASI Paling Ampuh

Mix nuts (almonds, hazelnuts, walnuts)Makanan Penambah ASI Kacang Almond Foto: dok.thinkstock

Kacang-kacangan, seperti almond dan mete merupakan sumber protein yang alami dan sehat. Mengonsumsi kacang bagi ibu hamil bisa mendukung produksi ASI semakin melimpah.

Untuk mengonsumsinya, para ibu bisa menjadikannya makanan ringan atau bisa ditambahkan ke dalam minuman manis atau diolah bersama makanan berat agar tidak bosan.

Selain kacang-kacangan, bayam juga ampuh menambah ASI para ibu. Sebab, bayam mengandung sumber mineral, vitamin, dan juga phytoestrogen sehingga bisa meningkatkan volume ASI.

Ada juga vitamin B, protein, asam folat, kalium, dan kalsium yang bisa memenuhi gizi pada ASI sehingga membantu para bayi gemuk. Untuk mengonsumsinya, ibu bisa menyantap bayam sebagai makanan sup, omelet, atau botok bayam.

Susu Penambah ASI

Healthy hazelnut drink (smoothie) - horizontalMakanan Penambah ASI Susu Kedelai Foto: iStock

Susu kedelai merupakan makanan penambah asi yang lain. Minuman ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan cara merebus dan memblender kedelai tersebut untuk dijadikan susu. Kedelai diketahui mengandung phytoestrogen yang dapat menambah ASI para ibu menyusui agar berlimpah dan lancar.

Makanan Penghambat ASI

Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, SerbiaMakanan Penambah ASI Foto: Getty Images/iStockphoto/NoSystem images

Dikutip dari Health Mummy, pada dasarnya tidak ada aturan mengenai makanan yang sebaiknya dihindari para ibu menyusui. Namun, sebaiknya hindari makanan-makanan yang bisa memicu masalah pada bayi, seperti eksim, kolik, dan sulit tidur.

Adapun, makanan yang dimaksud adalah susu (hewani), brokoli, kembal kol, makanan pedas dikaitkan dengan masalah kolik. Kemudian, terlalu banyak mengonsumsi kafein pada ibu bisa membuat bayi gelisah. Terakhir, telur dan kacang terbukti berkaitan dengan masalah alergi bayi.

Selamat mencoba makanan penambah ASI!



Simak Video "Gemas Banget! 'Chef' Bayi Ini Lihai Masak di Dapur"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)