Sup Anjing hingga Kuda Nil Pernah Jadi Menu Diet Paleo yang Populer

Sonia Basoni - detikFood Senin, 03 Agu 2020 19:00 WIB
Menu diet paleo Foto: Listverse
Jakarta -

Diet paleo merupakan pola makan manusia gua di zaman batu. Dahulu menu diet paleo memakai olahan daging anjing hingga kuda nil.

Untuk menurunkan berat badan banyak pola diet populer yang diikuti orang. Salah satunya ada diet paleo yang merupakan diet zaman batu. Pola makan ini dulu diterapkan oleh manusia-manusia gua, serta dianggap sebagai pola makan yang sesuai dengan tubuh manusia.

Karena manusia gua mencari makanan dengan berburu, kebanyakan makanan yang disantap adalah daging, ikan, sayuran dan buah-buahan. Sementara menu yang populer ada sup anjing, ikan tuna, kuda nil, hingga buaya.

Dilansir dari Listverse (03/08), berikut lima menu makanan paleo diet di masa lampau.

Baca Juga: Ramalkan Kiamat, Ini Makanan yang Disukai Suku Maya Ribuan Tahun Lalu

1. Sup Anjing

Menu diet paleoMenu diet paleo Foto: Listverse

Selama ribuan tahun, anjing sudah digunakan sebagai hewan untuk menemani dan melindungi manusia. Tapi ternyata sup anjing juga cukup populer sebagai menu diet paleo para manusia gua saat itu.

Hal ini dikuatkan dengan penemuan adanya sisa kotoran manusia gua yang berusia 9,400 tahun. Para peneliti memeriksa DNA yang tertinggal dari kotoran tersebut dan menemukan adanya jejak tulang dari anjing.

Sementara itu menurut catatan sejarah, biasanya anjing asli Amerika yang tinggal di New Meksiko sering diburu jadi makanan. Hidangan ini disantap 10,000 tahun yang lalu meski bukan makanan sehari-hari. Biasanya anjing dimasak menjadi sup saat ada upacara adat dan hari perayaan besar lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Santap Ikan Kerapu Raja dan Udang Vaname"
[Gambas:Video 20detik]