5 Sayuran dan Buah Albino, Dianggap Catat Tetapi Mahal Harganya

Devi Setya - detikFood Senin, 03 Agu 2020 18:30 WIB
sayuran dan buah albino Foto: istimewa

2. Mentimun

sayuran dan buah albinosayuran dan buah albino Foto: istimewa


Umumnya mentimun memiliki warna hijau, tapi mentimun satu ini punya warna putih bersih. Daun dan batang di sekitar buah mentimun ini berwarna normal yakni hijau, hanya bagian buahnya saja yang berwarna putih.

Mentimun albino ini merupakan tanaman yang dikembangkan sejak tahun 1893. Kini mentimun albino bahkan jadi varietas yang perjual belikan. Mentimun albino kerap disebut sebagai 'White Wonder', 'Ivory King', 'Jack Frost' dan 'White Albino'. Meskipun terbilang mentimun cacat tapi rasanya manis dan enak.

Biasanya mentimun albino ini dijadikan campuran salad, acar dan berbagai makanan lainnya. Warnanya yang putih bersih menjadikan mentimun banyak diburu masyarakat.

3. Labu parang

sayuran dan buah albinosayuran dan buah albino Foto: istimewa

Labu parang punya warna ikonik oranye kecoklatan, tapi ada juga labu parang yang putih dan kerap disebut albino. Labu parang ini punya tampilan unik, bukan hanya bagian kulitnya yang berwarna putih tapi juga bagian daging buahnya.

Labu parang albino ini juga dikenal dengan sebutan ghost pumpkin, snowball, casper dan cotton candy pumpkin. Labu parang albino saat ini sudah banyak dikembangkan oleh petani dan ilmuwan pertanian karena warnanya yang unik serta tampilannya menarik.

Saat masa panen, labu parang albino ini harus segera dipanen karena kalau terlalu matang akan menyebabkan warnanya berubah menjadi kecoklatan. Di pasaran, labu parang albino termasuk masih langka dan dijual dengan harga sangat tinggi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com