5 Sayuran dan Buah Albino, Dianggap Catat Tetapi Mahal Harganya

Devi Setya - detikFood Senin, 03 Agu 2020 18:30 WIB
sayuran dan buah albino Foto: istimewa
Jakarta -

Bukan hanya hewan saja yang bisa terlahir albino tanpa pigmen warna kulit. Tapi ada sayuran dan buah albino berwarna putih bersih tetapi mahal harganya.

Beberapa sayuran dan buah pernah membuat heboh karena warnanya putih. Sayuran dan buah ini termasuk cacat karena tumbuh tanpa pigmen warna alami. Alhasil, sayuran dan buah ini berwarna putih.

Sayuran dan buah albino tumbuh karena faktor kelainan genetik. Hal ini termasuk hal langka dan kerap disebut sebagai sayuran dan buah cacat karena ada zat yang tak terkandung dalam sayuran dan buah. Alih-alih dihindari, sayuran dan buah albino justru dicari dan dijual dengan harga fantastis.

Baca juga : Ini 6 Fakta Buah Strawberry Putih yang Berharga Fantastis

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sayuran dan buah albino yang tumbuh dengan warna putih eksotis.

1. Labu air

sayuran dan buah albinosayuran dan buah albino Foto: istimewa


Seorang wanita bernama Susan secara tak sengaja menemukan labu air albino di halaman rumahnya. Labu air ini merupakan buah dari tanaman miliknya yang dirawat di halaman belakang kediamannya. Susan kaget mendapati sebuah labu air berwarna putih bersih, berbeda dengan labu air lainnya yang biasanya berwarna hijau kekuningan.

Dilansir dari Best Food Fact (3/8) Dr. Kevin Folta, profesor dan ketua Departemen Ilmu Holtikultura di University of Florida mengatakan labu air ini tidak mengandung zat karoteniod yakni pigmen pemberi warna kuning pada tumbuhan. Labu air ini termasuk kategori cacat.

Meskipun demikian, labu ini menarik perhatian karena warnanya yang ekssotis. Dr Folta menjelaskan labu air ini memiliki kandungan nutrisi yang jauh dibawah labu air normal. Rasa dari labu air ini juga cenderung lebih tawar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3