Berani Coba? Ini Es Krim Sushi Berbau Busuk dari Jepang

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 03 Agu 2020 14:00 WIB
Es Krim Rasa Sushi Beraroma Busuk Foto: soranews
Jakarta -

Es krim biasanya bercita rasa manis seperti buah atau cokelat. Tapi di Jepang ada es krim rasa funazushi yang baunya menyengat. Berani coba?

Es krim merupakan dessert favorit banyak orang. Rasanya manis dengan sensasi menyegarkan yang membuat banyak orang suka.

Biasanya disajikan dengan rasa buah, cokelat, vanila, hingga kopi. Tapi, tak jarang juga kafe menyajikan es krim rasa unik dan aneh.

Es Krim Petai dan UlamEs Krim Petai dan Ulam Foto: Frozen & iStock

Beberapa waktu lalu di Hong Kong ada es krim rasa gas air mata yang bisa sebabkan sesak nafas karena terbuat dari lada hitam. Di Malaysia juga ada es krim rasa petai yang terkenal dengan aroma tak sedapnya.

Baca Juga: Mau Cicip? Ada Es Krim Rasa Petai yang Unik dan Eksotik

Kali ini datang dari Jepang. Dilansir dari Soranews (30/7), es krim ini memiliki rasa funazushi. Es krim dijual di toko oleh-oleh bernama Koko Shiga.

Es Krim Rasa Sushi Beraroma BusukEs Krim Rasa Sushi Beraroma Busuk Foto: soranews

Koko Shiga berlokasi di Nihonbashi, Tokyo, Jepang. Toko ini menjual bergam jenis oleh-oleh khas Prefektur Shiga, salah satunya es krim rasa funazhushi.

Kalau ada yang belum mengetahuinya, funazushi merupakan jenis sushi yang aromanya busuk dan menyengat. Karena terbuat dari ikan funa yang dibaluri garam lalu difermentasi selama 1 tahun. Setelah itu dicampurkan denan beras yang telah difermentasi selama 4 tahun.

Es Krim Rasa Sushi Beraroma BusukEs Krim Rasa Sushi Beraroma Busuk Foto: soranews

Karena diferementasi bertahun-tahun, pastinya makanan ini punya aroma tak sedap. Di Jepang sendiri makanan ini kerap jadi bahan tantangan.

Jadi bayangkan seperti apa rasa es krim vanila yang dicampurkan rasa funazushi ini. Jika ingin menikmatinya, es krim funazushi ini dibanderol 400 yen (Rp 55.259).

Es Krim Rasa Sushi Beraroma BusukEs Krim Rasa Sushi Beraroma Busuk Foto: soranews

Es krim ini disajikan dalam cup kecil lalu diberikan topping monaka wafer yang berbentuk ikan funa. Sekilas es krim funazushi ini nampak imut.

Kabarnya rasa es krim ini tak seburuk funazushi aslinya. Memang aromanya mirip tapi rasanya lebih mirip ke keju mascarpone.

Baca Juga: 5 Es Krim Unik, Ada Rasa Obat Batuk hingga Petai yang Eksotik



Simak Video "Perpaduan Es Krim dan Tempe, Seenak Apa ya?"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)