Ini 5 Ikan Paling Mahal di Dunia yang Jadi Makanan Mewah

Sonia Basoni - detikFood Senin, 03 Agu 2020 09:00 WIB
Ikan Paling Mahal di Dunia Foto: iStock

2. Puffer Fish

Ikan Paling Mahal di DuniaIkan Paling Mahal di Dunia Foto: iStock

Dikenal juga dengan nama ikan Fugu, ikan yang satu ini terkenal dengan duri-durinya dan racunnya yang mematikan. Meski dianggap sebagai ikan yang berbahaya tapi konsumsinya sendiri masih cukup tinggi, bahkan di Jepang ikan ini dianggap sebagai makanan mewah.

Kisaran harganya bisa mencapai USD 65 - USD 200 (Rp 955,932 - Rp 2,941,330) per ekornya. Hidangan ini sangat mahal karena tak semua orang bisa menyajikannya dan membuang racunnya. Karena salah sedikit saja, ikan Fugu ini bisa berubah menjadi racun yang berakibat fatal pada tubuh manusia.

Sama seperti Bluefin Tuna, ikan Fugu juga mengundang banyak kritik. Di akhir tahun 2019 lalu ada seorang bocah yang kritis setelah menyantap ikan Fugu beracun.

Baca Juga: Diberi Makan Ikan Fugu yang Beracun dan Berbahaya, Bocah Ini Kritis

3. Ikan Todak

Ikan Paling Mahal di DuniaIkan Paling Mahal di Dunia Foto: iStock

Ikan Todak biasanya ditemukan di Pasifik dan perairan tropis lainnya. Ikan ini masuk ke dalam salah satu jenis ikan yang sebaiknya tidak dikonsumsi. Namun bagi sebagian orang ikan ini justru dianggap sebagai makanan mewah yang mahal harganya.

Tekstur dagingnya cukup tebal dan rasanya enak. Tapi karena sulit ditangkap dan tak semua orang bisa mengolahnya, membuat harga ikan todak ini sangat mahal bahkan masuk ke daftar ikan termahal di dunia.

Meski rasanya cukup enak, tapi banyak penelitian yang menemukan bahwa ikan ini memiliki kandungan merkuri yang sangat tinggi. Apalagi ikan-ikan todak yang berusia tua membuat kandungan merkurinya semakin banyak dan berbahaya untuk tubuh. Kisaran harganya sekitar USD 62 (Rp 911,000) per 20 ons.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com