Obat Alami dalam Al Quran, Ada Minyak Zaitun hingga Susu Kambing

Devi Setya - detikFood Senin, 03 Agu 2020 06:00 WIB
Olives assortment in bowl with oil. Top view. Copy space Foto: iStock
Jakarta -

Umat Islam patut menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup. Tak hanya soal ibadah, Al Quran juga menyebut beberapa obat alami yang bisa diandalkan.

Berbagai obat kimia kini sudah dikembangkan untuk mengobati berbagai jenis keluhan penyakit dan masalah kesehatan. Tapi sebenarnya di dalam Al Quran tercatat beberapa bahan makanan yang bisa dijadikan obat alami.

Kini beberapa bahan makanan ini masih diandalkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Didukung oleh penelitian masa kini, makanan-makanan yang jadi obat alami ini ternyata memang mengandung zat yang ampuh yang bisa mengobati sumber penyakit.

Beberapa makanan yang tercatat sebagai obat alami dalam Al Quran antara lain madu, susu kambing dan juga minyak zaitun. Jika dikonsumsi terus menerus pun tidak akan memberi dampak negatif, justru tubuh jadi sehat dan bugar.

Baca juga : Masya Allah! 6 Buah Ini Tercatat dalam Alquran

Dilansir dari berbagai sumber, berikut makanan yang tercatat dalam Al Quran dan bisa jadi obat alami.

1. Madu

A glass cup of tea with lemon, mint, ginger and honey on wooden rustic table.A glass cup of tea with lemon, mint, ginger and honey on wooden rustic table. Foto: iStock

Madu disebutkan dalam Al-Qur'an surat An-Nahl ayat 68-69, "Dan Tuhanmu mewahyukan (mengilhamkan) kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibuat manusia (peternakan lebah). Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

Berbagai penelitian juga mendukung bukti kalau madu jadi salah satu obat alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Madu bisa jadi makanan yang dikonsumsi setiap hari untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh.

Madu secara alami juga ampuh mengobati luka pada kulit, menghaluskan kulit, sebagai obat jerawat hingga mengandung antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Madu juga dipercaya bisa mencegah kolesterol dan mengobati asma.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kreasi Ibu-ibu Pangandaran, Ubah Limbah Pohon Pisang Jadi Jajanan"
[Gambas:Video 20detik]