Resep dan Bumbu Rawon Daging Sapi Enak dari Jawa Timur

Tim detikcom - detikFood Minggu, 02 Agu 2020 09:30 WIB
Rawon. traditional Indonesian beef black soup culinary Foto: iStock/Resep dan Bumbu Rawon Daging Sapi Enak dari Jawa Timur
Jakarta -

Ibu-ibu jangan bingung jika memiliki daging sapi lebih dari hasil kurban Idul Adha. Lebih baik dimasak rawon daging sapi enak khas Jawa Timur.

Ya rawon adalah makanan khas dari Jawa Timur. Masakan Indonesia ini berupa daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang menggunakan keluak.

Daging untuk rawon biasanya daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan utamanya adalah bagian sandung lamur. Tips agar rawon daging sapi empuk yakni memasaknya direbus lama dengan api kecil.

Bumbu rawon daging sapi enak dari Jawa Timur. yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas ketumbar, kemiri, serai, kunir, cabai, keluak, garam, serta minyak nabati. Semua bahan ini dihaluskan dan ditumis sampai harum.

Warna kuah yang hitam pada rawon daging sapi enak dari Jawa Timur berasal dari bumbu yang bernama keluak. Agar rawon daging sapi rasanya enak, saat membeli keluak diperhatikan rasanya, jangan yang pahit. Kita bisa mencicipinya saat membeli, jadi kalau pahit jangan dibeli.

nasi goreng kluwekkluwek Foto: wikipedia/detikfood/Resep dan Bumbu Rawon Daging Sapi Enak dari Jawa Timur

Rawon disajikan dengan nasi hangat. Dilengkapi dengan tauge kecil, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, dan sambal, rawon daging sapi yang segar dan gurih ini terasa lebih enak.

Berikut resep rawon daging sapi enak dari Jawa Timur ala detikFood:

Bahan rawon daging sapi enak dari Jawa Timur :

500 g daging sandung lamur sapi, potong-potong
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 batang serai, ambil bagian yang putih, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
3 sdm minyak sayur
Bumbu, haluskan:
8 butir bawang merah
6 siung bawang putih
2 buah cabai merah
3 butir kemiri
5 buah keluak, ambil isinya
1 cm kunyit
1 sdt ketumbar
½ sdt terasi
1 sdt asam Jawa
2 sdt garam
Pelengkap:
Telur asin
Tauge pendek
Sambal terasi

Cara Membuat rawon daging sapi enak dari Jawa Timur:

Tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Aduk hingga layu. Masukkan potongan daging, aduk hingga berubah warna. Tuangi air, didihkan. Masak dengan api kecil hingga daging empuk dan kuah susut. Angkat dan sajikan dengan pelengkapnya. Sajian untuk 6 porsi.



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)