Etiket Sarapan Buffet di Hotel, Bolehkah Pakai Sandal Hotel?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 02 Agu 2020 15:00 WIB
Family taking food in self service restaurant in hotel. A lot of domestic colorful food is served. Family with two children. Foto: iStock
Jakarta -

Larangan pemakaian sandal jepit di kafe yang belakangan ini viral lantas memunculkan pertanyaan, bagaimana dengan pemakaian sandal saat sarapan di restoran hotel?

Kafe Langit Seduh jadi perbincangan hangat netizen karena pemiliknya, Happy Jehan melarang pengunjung memakai sandal jepit. Sebab Happy merasa pemakaian sandal jepit terkesan asal-asalan.

Manajemen Langit Seduh pun diharuskan menolak pengunjung yang datang mengenakan sandal jepit. Netizen lantas memberi berbagai pendapat mengenai ini, ada yang memaklumi tapi banyak yang tak sependapat mengingat Langit Seduh bukanlah restoran fine dining, melainkan kafe kasual.

owner kafe larang sandal jepitowner kafe larang sandal jepit Foto: instagram @langitseduh / @happyjehan

Baca Juga: Heboh Kafe Larang Pengunjung Pakai Sandal Jepit, Begini Penjelasannya

Larangan pakai sandal jepit ke kafe ini juga membuat banyak orang penasaran, bagaimana dengan kebiasaan banyak orang yang sarapan di hotel? Pasalnya tamu hotel sering kali sarapan di restoran buffet memakai sandal hotel yang memang tersedia gratis di kamar.

Dirangkum dari berbagai sumber, ternyata memakai sandal hotel saat sarapan di restoran termasuk 'don't' alias hal yang tidak disarankan. Sandal hotel disediakan di kamar yang berarti pemakaiannya hanya untuk di kamar.

Apalagi sandal hotel bahannya tipis sehingga tidak bisa difungsikan layaknya sandal biasa untuk keluar ruangan. Tipis dan lembutnya sandal hotel ini sengaja dibuat hanya untuk menghalau dinginnya ubin kamar.

Ilustrasi sandal hotelIlustrasi sandal hotel Foto: (Getty Images)

Jadi saat kamu mau sarapan di restoran hotel, tetap gunakan sandal atau sepatu milik sendiri. Menggunakan sandal hotel untuk ke restoran juga dianggap hal tidak sopan terutama di luar negeri.

Bagaimana dengan etiket lainnya? Celebrity chef Farah Quinn mengunggah video soal Do's & Don't at Hotel Breakfast pada pada 27 Mei 2020. Di sini Farah menjelaskan berbagai hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak saat sarapan di restoran hotel.

Dimulai dari jalan dulu mengelilingi area restoran buffet hotel sebelum menentukan mau makan apa. Ini mencegah kamu makan berlebih atau mengambil sekaligus banyak menu dalam satu piring.

Penggunaan piring juga disarankan selalu yang baru. Hindari memakai piring bekas yang sudah kotor untuk mengambil menu baru. Perhatikan juga soal antrean. Jangan sampai kamu menyerobot antrean atau menciptakan antrean.

Farah QuinnFarah Quinn Foto: YouTube Farah Quinn

"Kalau sudah lihat antrean di belakang, sebaiknya langsung ambil makanan apa yang kira-kira mau dimakan. Jangan membuat antrean. Nanti kalau mau ambil lagi bisa kembali," kata chef seksi ini.

Farah Quinn juga menekankan untuk tidak malu bertanya kalau memang tidak mengerti soal makanan yang ada di restoran. "Bisa juga minta tolong ke pelayan untuk dibawakan saat kamu sudah memegang banyak piring di tangan," jelasnya.

Sarapan di hotel juga sebaiknya tidak 'aji mumpung'. Jangan melahap semua makanan yang ada sekaligus. Mulai secara bertahap, mulai dari jus segar, buah potong, yogurt, makanan asin, lalu makanan manis.

Terakhir, Farah Quinn menyarankan memberi tip pada pelayan karena itu akan membuat mereka senang. Lalu untuk makanan, meski ada sisa, tidak boleh dibungkus.

Baca Juga: Etiket Makan Dasar Ini Perlu Diketahui Saat Bersantap Resmi



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Cireng Kuah Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)