Sajian Maknyus Idul Adha

Bumbu Rendang Jangan Dibuang! Olah Jadi Makanan Enak Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 02 Agu 2020 10:00 WIB
Menyimpan Sisa Rendang Foto: detikfood
Jakarta -

Bumbu rendang masih tersisa? Jangan dibuang karena bisa diolah jadi makanan enak. Mulai dari telur dadar sampai sandwich!

Tak hanya dagingnya yang enak, bumbu rendang juga dicari karena rasanya gurih dan kaya rempah. Karena bumbu rendang memakai banyak rempah kering dan segar yang dimasak lama bersama santan sehingga rasanya pekat lezat. Dipadukan nasi hangat saja, bumbu rendang rasanya luar biasa enak.

Sebenarnya tak melulu dengan nasi, bumbu rendang juga bisa dipadukan makanan enak ini. Telur dadar, nasi goreng, sampai sandwich jadi lebih istimewa dengan tambahan bumbu rendang.

Berikut 5 ide pemanfaatan bumbu rendang yang tersisa:

1. Telur dadar

Telur Dadar Keriting ala Kedai Nasi KapauFoto: detikfood

Bosan olahan daging? Lauk sederhana berupa telur dadar bisa jadi pilihan. Supaya lebih istimewa, tambahkan bumbu rendang dalam proses pembuatannya.

Caranya kocok sisa bumbu rendang dengan telur dan irisan daun bawang. Pilih telur ayam segar dan lebih enak lagi memakai telur bebek. Kalau suka asin, boleh tambahkan garam atau kaldu bubuk. Kemudian goreng telur dengan minyak banyak hingga jadi telur dadar keriting yang renyah. Jodoh paling pasnya sudah pasti nasi hangat!

2. Pizza
Alih-alih beli di restoran, coba bikin pizza sendiri di rumah. Bahan dan cara membuatnya tak sulit, tinggal ikuti resep ini. Sebagai topping, coba memakai bahan makanan yang ada di rumah.

Bisa sosis, tuna kalengan, atau smoked beef. Kemudian oleskan bumbu rendang di atasnya, jika ada tambahkan serpihan daging rendang sesaat sebelum dipanggang. Jangan lupa taburi dengan irisan keju mozzarella, pasti pizza jadi lebih wangi dan gurih mulur!

Baca Juga: Mau Masak Rendang Enak? Ini Bumbu Wajib hingga Proses Masaknya

3. Nasi goreng

nasi goreng rendangFoto: detikFood

Sisa bumbu rendang bisa diolah bersama sisa nasi putih menjadi nasi goreng rendang. Menu ini banyak ditawarkan di banyak restoran karena rasanya enak. Dijamin menu sarapan ini juga disukai semua orang di rumah.

Caranya praktis, tumis bawang merah dan bawang putih cincang sampai matang dan wangi. Kemudian masukkan bumbu rendang dan potongan sayuran. Diikuti nasi dan topping lain. Terakhir, masak nasi goreng bumbu rendang sampai matang. Jangan lupa tambahkan telur goreng atau telur dadar dan acar timun.

4. Spaghetti
Tak ada salahnya memadukan bumbu rendang dengan makanan Barat praktis. Seperti spaghetti bumbu rendang yang jadi menu di beberapa restoran. Cara bikinnya juga gampang.

Spaghetti bumbu rendang bisa dibuat dengan cara merebus spaghetti sampai al dente. Sementara itu tumis sisa bumbu rendang di wajan dengan sedikit mentega. Lalu masukkan pasta ke dalamnya dan aduk rata. Kalau suka, boleh tambahkan keju cheddar atau parmesan parut

5. Sandwich

Avocado, BLT Sandwich -Photographed on Hasselblad H3D2-39mb CameraFoto: Getty Images/iStockphoto/LauriPatterson

Pemanfaatan bumbu rendang terakhir adalah jadi sandwich. Masukkan bumbu rendang sebagai salah satu isiannya. Kemudian panggang sandwich supaya teksturnya garing dan nikmat.

Kalau ada sedikit sisa daging rendang, kamu juga bisa menyuwir-nyuwirnya untuk jadi topping sandwich. Tambahkan keju parut jika suka. Cocok dinikmati saat sarapan!

Baca Juga: Resep Rendang Daging Sapi yang Empuk, Enak, dan Sederhana



Simak Video "Bikin Laper: Gurame Asam Manis dan Ayam Cabe Ijo"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)