5 Tradisi Idul Adha di Indonesia, Ada yang Dandani Sapi Jadi Cantik

Devi Setya - detikFood Sabtu, 01 Agu 2020 12:00 WIB
tradisi idul adha Foto: istimewa

2. Apitan

Di Semarang ada tradisi apitan yang dilakukan setiap Idul Adha. Apitan digelar sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus menyambut datangnya Idul Adha. Tradisi apitan ini berbalut kental nuansa religius karena disertai doa bersama.

Apitan ini identik dengan kegiatan arak-arakan hasil pertanian. Beberapa jenis sayuran antara lain padi, jagung, terung, cabai, tomat hingga aneka buah jadi hasil tani yang diarak warga. Di samping itu, makanan seperti nasi tumpeng dan kue tradisional juga hadir dalam acara ini.

Puncaknya, aneka hasil tani dan makanan ini jadi rebutan warga. Kegiatan makan bersama pun jadi agenda yang tak terlewatkan. Masyarakat setempat percaya bahwa hasil bumi yang mereka peroleh dan dibagikan akan membawa berkah.

3. Kaul negeri

tradisi idul adhatradisi idul adha Foto: istimewa


Di Maluku Tengah, tepatnya di Negeri Tulehu ada tradisi unik yang dilakukan masyarakat saat Idul Adha tiba. Tradisi kaul negeri ini terbilang unik dan sudah dilakukan secara turun temurun.

Kaul negeri adalah tradisi menggendong kambing kurban menggunakan kain. Tak tanggung-tanggung, ada tiga ekor kambing sekaligus yang digendong oleh pemuka adat setempat. Kambing ini digendong sambil diarak berkeliling kampung. Masyarakat mengikuti sambil menggemakan takbir dan sholawat.

Kambing yang sudah digendong dan diajak keliling kampung ini nantinya akan disembelih untuk kemudian dagingnya dibagikan kepada masyarakat. Masyarakat Maluku Tengah selalu menanti tradisi Idul Adha ini setiap tahun.

Baca juga : 19 Gunungan Durian Meriahkan Festival Durian di Candimulyo

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cara Menghitung Protein Daging Sapi-Kambing yang Harus Dikonsumsi"
[Gambas:Video 20detik]


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com