Sajian Maknyus Idul Adha

5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Santap Hidangan Daging dan Santan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 01 Agu 2020 09:00 WIB
Good HDL and bad LDL cholesterol written on blackboard by unrecognizable doctor with stethoscope Foto: iStock

4. Tahu dan tempe
Makanan penurun kolesterol selanjutnya adalah yang berbahan kedelai. Indonesia punya tahu dan tempe yang jadi andalan. Keduanya bisa dikonsumsi untuk mendapat manfaat sehat turunkan kolesterol.

Ada bukti yang menunjukkan makanan berbahan kedelai bisa mengurangi risiko penyakit jantung, terutama pada orang-orang yang memiliki kondisi kolesterol tinggi.

Tahu dan tempe lebih sehat saat dimakan dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, atau ditumis. Sebisa mungkin hindari penggunaan minyak banyak supaya nutrisinya tetap terjaga.

5. Teh hitam

Teh hitamFoto: iStock


Selain makanan penurun kolesterol, ada juga minuman yang memiliki efek serupa. Berupa teh hitam dan teh putih yang mengandung katekin serta quercetin.

Katekin sendiri bisa mengontrol tekanan darah dan menghambat sintesis serta penyerapan kolesterol. Sementara quercetin dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan risiko peradangan. Keduanya memiliki kombinasi yang baik untuk sehatkan jantung.

Teh hitam paling bagus dipanaskan dengan air bersuhu 90-100 derajat Celcius. Seduh kira-kira selama 3 sampai 4 menit. Kalau pakai teh daun, jenis teh hitam ini bisa diseduh 2 sampai 3 kali. Nikmati rutin tiap pagi atau sore tanpa tambahan pemanis.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Saat Menyeduh Teh Hitam

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Gurih Nikmat Soto Betawi Legendaris di Cawang"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)