Sajian Maknyus Idul Adha

5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Santap Hidangan Daging dan Santan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 01 Agu 2020 09:00 WIB
Good HDL and bad LDL cholesterol written on blackboard by unrecognizable doctor with stethoscope Foto: iStock

2. Ikan kembung atau salmon
Hindari makan banyak hidangan daging kalau kolesterol tak mau melonjak tajam. Gantinya, pilih makan ikan dengan kandungan lemak sehat seperti mackerel (kembung) dan salmon.

Dua ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang bersifat sehatkan jantung. Omega 3 membuat kadar kolesterol baik meningkat sekaligus menurunkan risiko inflamasi dan stroke.

Olah ikan kembung dan salmon dengan cara dikukus, panggang, atau dibuat sup. Jangan menggorengnya karena bisa membuatnya kurang menyehatkan. Rutin makan ikan ini sudah terbukti bisa menyehatkan jantung karena kandungan sejumlah peptida dalam protein ikan tersebut.

3. Alpukat

Manfaat makan alpukat tiap hariFoto: Getty Images/iStockphoto/serezniy


Alpukat adalah primadona buah sehat yang sangat bagus untuk menurunkan kolesterol. Walau teksturnya creamy, alpukat kaya serat dan lemak tak jenuh tunggal. Keduanya ampun menurunkan kadar kolesterol jahat, sekaligus menaikkan kadar kolesterol baik.

Analisis terhadap 10 studi menunjukkan saat seseorang mengganti asupan lemaknya dengan alpukat, kadar kolesterol total, LDL, dan trigliseridanya akans menurun. Buah lain yang bisa dikonsumsi adalah apel, jeruk, dan strawberry.

Jenis buah-buahan itu mengandung serat larut bernama pectin yang bisa mengurangi kolesterol sampai 10%. Buah juga mengandung senyawa bioaktif yang cegah penyakit jantung dan kronis lainnya karena kandungan antioksidan di dalamnya.

Baca Juga: Mau Turunkan Kadar Kolesterol? Makanlah Satu Buah Alpukat Setiap Hari

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gurih Nikmat Soto Betawi Legendaris di Cawang"
[Gambas:Video 20detik]