Sajian Maknyus Idul Adha

5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Santap Hidangan Daging dan Santan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 01 Agu 2020 09:00 WIB
Good HDL and bad LDL cholesterol written on blackboard by unrecognizable doctor with stethoscope Foto: iStock
Jakarta -

Makanan penurun kolesterol ini cocok dikonsumsi usai Idul Adha. Biasanya kolesterol meningkat usai seseorang kalap makan hidangan daging dan santan.

Idul Adha lebih meriah dengan beragam hidangan berbahan daging kambing dan sapi. Ada yang dibuat sup, sate, hingga dipadukan santan menjadi soto, gulai, dan rendang. Rasanya tentu saja nikmat, namun bagi kamu yang punya masalah kolesterol perlu berhati-hati.

Pasalnya olahan daging, khususnya kambing, tinggi lemak jenuh yang kalau dikonsumsi terlalu banyak bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Apalagi jika diolah dengan cara digoreng atau ditambahkan santan.

Kondisi kolesterol yang tinggi jelas berbahaya bagi tubuh karena memicu beragam masalah kesehatan yang lebih serius salah satunya serangan jantung. Nah, Sebelum kolesterol jahat menjadi masalah yang lebih buruk, coba konsumsi 7 makanan penurun kolesterol berikut:

1. Kacang

kacang almondFoto: iStock


Dikutip dari Healthline (30/7), kacang-kacangan khususnya almond dan kenari bagus untuk menurunkan kolesterol jahat. Keduanya tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal.

Selain itu kacang mengandung pitosterol, senyawa yang secara struktur mirip kolesterol dan bisa membantu penurunan kolesterol jahat dengan cara menghambat penyerapannya di usus. Kacang juga tinggi kandungan kalsium, magnesium, dan potassium.

Ketiga mineral itu bermanfaat mengurangi tekanan darah sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam penelitian juga terbukti kalau makan 2-3 porsi kacang tiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sampai 10.2 mg/dl.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kolaborasi Pasta dengan Buntut"
[Gambas:Video 20detik]