Sebelum Shalat Idul Adha Sebaiknya Tidak Makan dan Minum

Devi Setya - detikFood Jumat, 31 Jul 2020 06:00 WIB
anjuran makan sebelum shalat idul adha Foto: iStock
Jakarta -

Ada anjuran berbeda jelang shalat Idul Adha dan Idul Fitri. Khusus untuk shalat Idul Adha, umat muslim dianjurkan untuk tidak makan dan minum terlebih dahulu.

Ketika menjelang Idul Fitri, umat muslim diperintahkan untuk makan dan minum sebelum menjalankan shalat Ied. Hal ini dilakukan sebagai tanda kalau hari raya diharamkan untuk berpuasa. Lain halnya dengan saat menjelang shalat Idul Adha.

Dilansir dari berbagai sumber, sebelum shalat Idul Adha umat muslim dianjurkaan untuk menahan diri untuk tidak makan maupun minum. Dari 'Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata,

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berangkat shalat 'ied pada hari Idul Fitri dan beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat 'ied baru beliau menyantap hasil qurbannya." (HR. Ahmad 5: 352).

anjuran makan sebelum shalat idul adhaanjuran makan sebelum shalat idul adha Foto: iStock

Baca juga : Ternyata Ini Alasan Rasul Menganjurkan Makan Sebelum Salat Idul Fitri

Dalam hadist lain yang disampaikan Ibnu Qudamah, "Imam Ahmad berkata: "Saat Idul Adha dianjurkan tidak makan hingga kembali (pulang ke rumah) dan memakan hasil sembelihan qurban. Karena Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam makan dari hasil sembelihan qurbannya. Jika seseorang tidak memiliki qurban (tidak berqurban), maka tidak masalah jika ia makan terlebih dahulu sebelum shalat 'ied." (Al Mughni, 2: 228).

Beberapa hadist ini menegaskan anjuran untuk tidak makan ataupun minum sebelum shalat Idul Adha. Larangan makan dan minum bukanlah bermaksud puasa tetapi agar setelah pulang shalat Ied bisa menyantap makanan dari hasil kurban.

anjuran makan sebelum shalat idul adhaanjuran makan sebelum shalat idul adha Foto: iStock

Baca juga : Resep Dendeng Balado untuk Sajian Idul Adha, Lamak Bana!

Banyak ulama yang menegaskan kalau berpuasa saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha hukumnya haram. Anjuran tidak makan sebelum shalat Idul Adha juga dimaksudkan agar orang yang memiliki hewan kurban segera melakukan penyembelihan agar dagingnya bisa langsung dibagikan dan dikonsumsi.

Ibnu Qudamah rahimahullah berkata, "Idul Fithri adalah hari diharamkannya berpuasa setelah sebulan penuh diwajibkan. Sehingga dianjurkan untuk bersegera berbuka agar semangat melakukan ketaatan kepada Allah Ta'ala dan perintah makan pada Idul Fithri (sebelum shalat 'ied) adalah untuk membedakan kebiasaannya berpuasa. Sedangkan untuk hari raya Idul Adha berbeda. Karena pada hari Idul Adha disyari'atkan memakan dari hasil qurban. Jadinya, kita dianjurkan tidak makan sebelum shalat 'ied dan nantinya menyantap hasil sembelihan tersebut." (Al Mughni, 2: 228)



Simak Video "Masak Masak: Tumis Daging Sapi dengan Sayur Wortel Brokoli"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)