Sajian Maknyus Idul Adha

5 Cara Memasak Daging Supaya Cepat Empuk, Hasilnya Lezat Juicy

Devi Setya - detikFood Jumat, 31 Jul 2020 12:00 WIB
istilah daging sapi dari wagyu, usda prime beef, kobe, grass fed, grass finished fed, wet aged, dry aged Foto: iStock

4. Rendam dengan teh dan jahe

Raw meat. Beef and pork steaks with spices on the cutting Board. On a black rustic background.Cara memasak daging supaya cepat empuk. Foto: iStock


Kandungan tanin dalam teh berperan aktif untuk melunakkan serat dan otot pada daging. Teh bisa dijadikan bahan perendam untuk mengempukkan daging. Gunakan teh hitam yang pekat karena teh jenis ini paling efektif mengempukkan daging.

Lakukan perendaman daging dalam teh selama kurang lebih 30 menit. Teh yang menyerap dalam daging tidak akan merubah rasa daging, sebaliknya teh justru bikin daging jadi lebih aromatik.

Selain teh, kamu juga bisa melumuri daging dengan jahe parut. Jahe mengandung enzim proteolitik yang dapat membuat ikatan protein pada daging menjadi lebih kendur sehingga daging jadi empuk. Caranya mudah, cukup lumuri parutan jahe pada daging dan diamkan selama 30 menit sebelum dimasak. Jahe juga ampuh mengurangi aroma prengus pada daging kambing.

5. Gunakan daun pepaya

daun pepayaCara memasak daging supaya cepat empuk. Foto: istimewa


Banyak penjual sate yang mengandalkan daun pepaya untuk membuat daging empuk. Secara alami, daun pepaya mengandung enzim papain yang bisa memecah protein dalam daging.

Tidak perlu banyak, cukup ambil selembar daun pepaya lalu jadikan pembungkus daging. Diamkan minimal selama 30 menit lalu daging bisa langsung diolah. Semakin lama dibungkus daging akan lebih cepat empuk.

Getah daun pepaya akan memecah serat daging hingga menjadi lunak. Kini juga dijual bubuk papain atau getah pepaya sebagai bahan pengempuk daging. Cara memasak daging supaya cepat empuk dengan cara ini bisa diterapkan saat akan membuat sate kambing atau sate sapi.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dvs/odi)